10 Hewan yang Paling Setia Di Dunia, Salah Satunya Buaya

Nuraini
Rabu, 5 April 2023 | 11:54 WIB
10 Hewan yang Paling Setia Di Dunia, Salah Satunya Buaya (pixabay)
10 Hewan yang Paling Setia Di Dunia, Salah Satunya Buaya (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sama seperti manusia, hewan juga ada yang memiliki sifat sangat setia dan tidak setia terhadap pasangannya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar hewan paling setia di dunia. Simak selengkapnya di bawah ini. 

Daftar Hewan yang Paling Setia 

Istilah buaya identik dengan orang yang suka berganti pasangan. Padahal, buaya hewan paling setia di dunia karena hanya memiliki satu pasangan selama hidupnya. Selain itu, masih ada beberapa jenis hewan lain yang terkenal paling setia. Berikut penjelasannya. 

  • Buaya jantan

Hewan yang paling setia pada pasangannya yaitu buaya. Buaya hewan paling setia karena hanya sekali kawin selama hidupnya. Apabila buaya betina mati, buaya jantan tidak akan mencari penggantinya dan akan memilih hidup sendirian. 

  • Anjing

Anjing dikenal sebagai hewan paling setia kepada manusia. Pasalnya, anjing memiliki karakter yang akan selalu mengabdi kepada tuannya.

Anjing memiliki kepekaan yang tinggi karena dapat merasakan emosi yang dirasakan oleh tuannya. Tidak hanya itu, hewan paling setia yang satu ini dapat membedakan orang yang tulus atau yang berpura-pura mencintainya. Kalau kita tulus mencintainya, anjing akan membalasnya berkali-kali lipat. 

  • Burung parkit

Burung parkit menjadi salah satu hewan yang paling setia terhadap pasangannya. Burung parkit tidak suka sendirian di dalam sangkar. Mereka akan lebih bahagia bersama dengan pasangannya di dalam sangkar.

Setelah berkenalan, mereka tidak meninggalkan satu sama lain. Apabila salah satunya mati, maka salah satunya akan bersedih dan mengalami gangguan kecemasan yang luar biasa

  • Angsa

Angsa menjadi salah satu hewan yang berpasangan. Mereka mencari pasangan ketika memasuki musim dingin. Angsa yang saling memiliki ketertarikan akan saling mendekat dan melakukan gerakan leher angsa. 

Setelah bertelur, betina akan merawatnya dan sesekali bergantian dengan jantan. Mereka termasuk hewan paling setia karena tidak akan pernah mencari pasangan lagi setelah pasangannya mati.  

  • Burung hantu

Burung hantu juga termasuk hewan yang paling setia pada pasangannya. Pasangan burung hantu akan bekerja sama dalam merawat anak-anak mereka. Burung hantu sangat protektif terhadap anak mereka dan tidak takut untuk melawan predator yang ukurannya dua hingga tiga kali lipat dari ukurannya. 

  • Berang-berang

Berang-berang termasuk hewan paling setia kepada pasangannya. Ketika sudah menjadi orang tua, mereka akan bersama-sama merawat, memelihara, dan saling mendukung agar mampu bertahan hidup.

Ketika kekurangan makanan, berang-berang akan selalu bersama keluarganya. Kalaupun mencari makanan sendiri tidak akan bergerak jauh dari orang tua mereka. 

  • Serigala abu-abu

Termasuk hewan paling setia karena berani mempertaruhkan nyawa demi melindungi anak-anak mereka. Selain itu, hidupnya senang berkelompok dan sangat setia dengan pasangannya. 

  • Elang botak

Pasangan elang botak akan membangun sarang bersama dan merawat anak-anaknya secara bergiliran. Elang botak termasuk hewan yang paling setia karena akan bertahan bersama pasangannya sampai mati. 

  • Rayap

Rayap merupakan hewan yang hidup berkoloni dan terkenal setia. Meskipun kecil, mereka akan setia bersama pasangannya. Setelah mencari pasangan, mereka akan bersama-sama mencari tempat untuk bereproduksi dan berkembang biak. 

  • Ikan bidadari prancis

Ikan ini hewan yang paling setia dengan pasangannya karena akan hidup bersama selamanya. Mereka akan saling melindungi dari serangan ikan-ikan dan tetap mempertahankan wilayah hidupnya. 

Demikian 10 hewan paling setia di dunia. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa persepsi buaya sebagai hewan yang tidak setia ternyata salah. Justru sebaiknya, buaya hewan paling setia dibandingkan hewan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper