Indonesia Sudah Punya 7 Unicorn pada 2023, Ini Daftarnya

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 27 Maret 2023 | 13:37 WIB
Aplikasi Kopi Kenangan./Kopikenangan.com
Aplikasi Kopi Kenangan./Kopikenangan.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki bulan ketiga 2023, perusahaan rintisan (startup) yang memiliki valuasi US$ 1 miliar atau biasa disebut unicorn dikabarkan akan bertambah.

EFishery, startup agritech ini dikabarkan sedang dalam proses penggalangan dana terbaru. Sebelumnya pada bulan lalu, startup tersebut mendapatkan pinjaman bilateral dari OCBC NISP senilai Rp250 miliar sebagai modal. 

Adapun di Indonesia sendiri, saat ini hanya mempunyai 7 unicorn, yang kebanyakan didominasi oleh startup fintech hal ini berdasarkan data dari CB Insights, Senin (27/3/2023). 

Ini Dia Daftar 7 startup Unicorn Indonesia 2023:

1.  J&T Express

J&T Express berhasil menjadi decacorn dengan valuasi sebesar US$20 miliar atau Rp303 triliun. Setelahnya ada Traveloka yang memiliki valuasi senilai US$3 miliar atau Rp45 triliun.

2. Traveloka

Startup yang bergerak di bidang pemesanan hotel dan travel ini telah menerima gelar unicorn pada 2017 usai mendapat kucuran dana dari perusahaan di bidang yang sama yakni Expedia, pada Juli 2017, Traveloka juga diberikan pendanaan oleh Global Founders Capital dan East Ventures. Sekarang angka valuasi Traveloka mencapai US$3 miliar atau setara dengan Rp42,6 triliun.

3. Akulaku 

Akulaku termasuk dalam startup unicorn di Indonesia. Perusahaan tersebut memiliki valuasi sebesar US$2 miliar atau Rp30 triliun. Akulaku pun menjadi unicorn pada tahun lalu atau 15 Februari 2022. 

4. DANA 

DANA menjadi unicorn pada 8 September 2022, dengan valuasi sebesar US$1,13 miliar atau senilai Rp16,9 triliun. Sebelumnya ada 8 startup yang sudah lebih dulu menjadi unicorn dan satu decacorn di dalam negeri.

5. Ajaib

Ajaib menjadi salah satu unicorn tekfin di Indonesia. Melansir laman resmi perusahaan, Ajaib Sekuritas berada di bawah naungan Ajaib Group yang berdiri sejak 2018 bersama dengan PT Takjub Teknologi Indonesia yang mengelola reksa dana atau Ajaib Reksa Dana.

Ajaib Sekuritas telah berdiri pada 1989 dan terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-171/PM/1992. Perusahaan ini memiliki valuasi US$1 miliar atau senilai Rp15 triliun.

6. Kopi Kenangan 

Kopi Kenangan adalah salah satu startup di bidang food and beverage (F&B) dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia dan kini telah menjadi unicorn. Perusahaan ini memiliki valuasi US$1 miliar atau senilai Rp15 triliun.

7. Xendit

Xendit, startup yang bergerak di bidang payment gateway masuk dalam jajaran unicron di Indonesia. Perusahaan tersebut memiliki valuasi US$1 miliar atau senilai Rp15 triliun

Menariknya, dalam daftar ini Ajaib dan Xendit sempat melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada tahun lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper