Telkomsel Siap-Siap Hadapi Lonjakan Trafik Ramadan-Lebaran 2023

Leo Dwi Jatmiko
Sabtu, 25 Maret 2023 | 16:20 WIB
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengoptimalisasi teknologi jaringan yang difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia untuk antisipasi lonjakan trafik jelang Ramadan-Idulfitri 2023.

Telkomsel juga terus memigrasikan teknologi 3G ke 4G untuk menghadirkan kualitas jaringan yang mumpuni kepada para pelanggan.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan sejak 2022 secara bertahap dan terukur Telkomsel telah melakukan proses pembaruan seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten. Proses tersebut berlanjut hingga tahun ini.

Dia menuturkan langkah tersebut merupakan bagian dari konsistensi Telkomsel mengakselerasi transformasi digital pelanggan di seluruh wilayah Indonesia melalui penyediaan teknologi jaringan broadband berteknologi terdepan yang lebih inklusif dengan keunggulan kualitas yang merata.

“Kami optimistis proses upgrade layanan jaringan tersebut mampu meningkatkan ekonomi digital seiring dengan makin terbukanya peluang bagi masyarakat dalam mengoptimalkan berbagai potensi dengan dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini,” kata Saki, Sabtu (25/3/2023).

Saki menuturkan secara umum keseluruhan proses yang dilakukan Telkomsel dalam upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE adalah pemutakhiran perangkat lunak.

Hanya sebagian kecil base transceiver station (BTS) yang memerlukan tambahan pemutakhiran perangkat keras.

“Bergantung pada kebutuhan di tiap wilayah dengan menyesuaikan tingkat kepadatan/kerapatan pengguna broadband atau profil geografis wilayah,” kata Saki.

Sekadar informasi, pada 2022 Telkomsel mengoperasikan 265.194 BTS, tumbuh 5,6 persen secara tahunan. Ratusan BTS yang dioperasikan tersebut membantu Telkomsel dalam mengelola lalu lintas data yang sangat tinggi, mencapai 16,42 juta TB (tumbuh 18,7 persen yoy) pada 2022.

Lalu lintas data yang sangat tinggi tersebut membutuhkan dukungan teknologi yang mampu menampung kapasitas data besar seperti 4G dan 5G.

Ongkos yang akan dikeluarkan Telkomsel akan besar jika bertumpu pada teknologi 3G, yang fungsinya untuk mendukung layanan suara dan data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper