Daftar Startup PHK Karyawan pada 2023, Ada GoTo dan Shopee

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 13 Maret 2023 | 10:17 WIB
Ilustrasi badai PHK yang menerjang perusahaan teknologi dan startup. Dok. JIBI
Ilustrasi badai PHK yang menerjang perusahaan teknologi dan startup. Dok. JIBI
Bagikan

4. Bibit.id

Bibit.id , startup fintech reksadana mengkonfirmasi adanya pemutusan hubungan kerja (PHK). Meskipun adanya pemangkasan, Bibit mengeklaim perusahaan berada dalam kondisi yang sehat secara finansial.

PR & Corporate Communication Lead Stockbit dan Bibit.id William menyampakain bahwa Bibit  secara kontinu melakukan evaluasi atau performance review terhadap anggota tim untuk memastikan startup tersebut dapat mencapai tujuan-tujuan strategis yang telah ditetapkan.

"Ini merupakan proses yang reguler terjadi di perusahaan-perusahaan pada umumnya, termasuk di perusahaan kami," ujar William, Jumat (3/3/2023).

5. Shopee

Shopee, unit usaha dari SEA Group, melakukan PHK lagi di indonesia. Juru Bicara Shopee Indonesia mengatakan Shopee melakukan langkah penyesuaian sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Karyawan yang terdampak akan mendapatkan pesangon sesuai ketentuan perundang-undangan dengan tambahan 1 bulan gaji dan bagi karyawan Muslim tetap mendapatkan Tunjangan Hari Raya sesuai ketentuan yang berlaku.

6. PT Gojek Tokopedia Tbk. (GoTo)

GoTo mengumumkan ada 600 karyawan yang terkena PHK. GOTO Group Corporate Secretary Koesoemohadiani, mengatakan langkah pemangkasan ini dilakukan agar sumber daya perusahaan dapat difokuskan pada kegiatan yang akan mendorong dampak lebih besar.

"GoTo juga meninjau kembali prioritas, dan akan mengurangi skala atau menunda kegiatan bisnis serta inisiatif yang bukan merupakan layanan inti," kata Koesoemohadiani, Jumat (10/3/2023).

Adapun, ada tiga divisi yang akan dikonsolidasikan karena kebijakan ini. Ketiga divisi yang paling terdampak kebijakan PHK GOTO adalah Goto Financial, Mitra Tokopedia, dan tim rekrutmen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper