Startup Eks Karyawan Apple Raih Pendanaan Rp1,5 Triliun, Kerja Sama dengan OpenAI

Kathleen Dewitri
Kamis, 9 Maret 2023 | 17:27 WIB
Kecerdasan buatan. /Youtube
Kecerdasan buatan. /Youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Humane Inc, perusahaan startup yang didirikan oleh mantan karyawan Apple Inc, telah meraih pendanaan senilai US$100 juta dan pada musim semi ini akan merilis produk pertamanya.

Perusahaan tersebut didirikan oleh Imran Chaudhri dan Bethany Bongiorno pada 2018 dan kini telah mengumpulkan US$241 juta atau setara dengan Rp3,7 triliun.  Namun, hingga saat ini pihaknya belum mengungkapkan terkait produk yang sedang dibangun.

Mereka hanya menjelaskan bahwa produk tersebut adalah platform perangkat lunak dan perangkat konsumen yang dibuat untuk kecerdasan buatan.

Dilansir dari Reuters pada Kamis (9/3/2023), sebuah video yang diunggah oleh perusahaan dan pengajuan paten menunjukkan bahwa perangkat yang digunakan akan memproyeksikan informasi ke dunia nyata dan memungkinkan konsumennya untuk memanipulasi informasi tersebut dengan tangannya.

Sam Alman, pendiri OpenAI dan investor Humane sebelumnya, ikut bergabung dalam putaran pendanaan ini. Bukan hanya itu, Microsoft Corp juga turut ambil bagian dalam pendanaan.

Humane mengaku bahwa saat ini sedang berkolaborasi bersama OpenAI, pembuatat produk AI seperti yang dapat menghasilkan teks percakapan seperti manusia dan Dall-E yang mampu menghasilkan gambar.

Rencanamnya, Humane akan bermitra dengan layanan cloud microsoft untuk membawa platform layanan lunak Humane ke pasar.

"Produk kami dibangun di atas perangkat terintegrasi dan platform cloud yang memungkinkan kami, dan lainnya, untuk menciptakan pengalaman berbasis AI yang terasa alami, menyenangkan, dan dibutuhkan," kata Patrick Gates, veteran Apple lainnya yang merupakan chief technology officer Humane.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper