Akamai Luncurkan Connected Cloud dan Layanan Komputasi Cloud Baru

Restu Wahyuning Asih
Rabu, 15 Februari 2023 | 13:07 WIB
Akamai luncurkan Akamai Connected Cloud dan layanan komputasi Cloud baru
Akamai luncurkan Akamai Connected Cloud dan layanan komputasi Cloud baru
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Akamai Technologies, sebuah perusahaan cloud yang mendukung dan melindungi kehidupan online, meluncurkan Akamai Connected Cloud, platform edge dan cloud yang terdistribusi luas untuk komputasi, keamanan, dan pengiriman konten.

Dengan adanya layaan baru ini, pengembang dapat membangun, menjalankan, dan mengamankan beban kerja yang memiliki performa tinggi agar makin dekat dengan bisnis dan pengguna yang terhubung secara online di mana pun.

Layaknya 11 situs inti Akamai yang sudah ada, termasuk yang ada di Singapura, Sydney, Tokyo, dan Mumbai, situs-situs regional baru tersebut akan dihubungkan ke jaringan backbone Akamai—yang menghubungkannya ke jaringan edge paling terdistribusi di dunia.

Situs-situs baru tersebut akan memuat layanan komputasi cloud dari Linode, dan menjadi acuan untuk situs-situs inti tambahan yang rencananya akan dirilis Akamai di seluruh dunia.

Selain situs-situs inti baru yang direncanakan, Akamai juga telah mempersiapkan lebih dari 50 kota di seluruh dunia untuk mulai merilis situs-situs terdistribusi tahun ini, untuk menghadirkan kemampuan komputasi cloud dasar ke lokasi-lokasi yang sulit dijangkau dan tidak terlayani oleh penyedia cloud konvensional saat ini.

Akamai pun menjamin dengan harga baru yang terjangkau, akan ada penurunan biaya egress cloud dengan menghadirkan penghematan seperti CDN pada transfer data cloud. Model harga egress baru ini menyediakan tarif egress dengan diskon yang lebih besar dibanding hyperscaler dan penyedia cloud lainnya.

Kepatuhan terhadap standar baru menunjukkan komitmen Akamai akan keamanan layanan komputasi cloud miliknya dan data pelanggan yang ada di dalamnya. Pelanggan pun dapat memindahkan beban kerja antara Akamai dan cloud publik lainnya.

Program mitra teknologi baru ini dirancang untuk menyediakan layanan berbasis solusi, yang dapat dioperasikan dengan Akamai Connected Cloud, bagi pelanggan Akamai.

Layanan tersebut akan disediakan oleh para mitra teknologi Akamai yang menyelesaikan proses kualifikasi, yang memastikan layanan tersebut siap disebarkan dan diskalakan di seluruh platform terdistribusi secara global.

“Kami melakukan pendekatan yang signifikan terhadap komputasi cloud—dengan pengalaman selama 25 tahun dalam menskalakan dan mengamankan jaringan internet bagi perusahaan-perusahaan terbesar di dunia,” ujar Dr. Tom Leighton, Co-Founder sekaligus CEO Akamai.

Akamai ada untuk melancarkan transformasi digital...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper