XL Axiata akan Rilis eSIM, Indosat Tak Buru-Buru Tambah Gerai Aktivasi

Rahmi Yati
Selasa, 14 Februari 2023 | 18:43 WIB
Pelanggan berada di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pelanggan berada di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) memilih untuk tak buru-buru menambah gerai aktivasi kendati PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) akan merilis fitur eSIM atai SIM digital.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan sejauh ini perusahaan masih terus mengoptimalkan fitur eSIM dalam memberikan pengalaman terbaik pada pelanggan.

"Seiring dengan bertambahnya perluasan layanan [aktivasi], maka jumlah pengguna juga diharapkan bertambah seiring waktu," ujarnya, Selasa (14/2/2023).

Kendati Steve tidak menegaskan akan ada perluasan atau penambahan gerai untuk aktivasi layanan eSIM dalam waktu dekat, tetapi dia berharap jumlah pengguna teknologi terbaru itu bisa terus bertambah.

Sebagaimana diketahui, IOH telah meluncurkan layanan eSIM akhir tahun lalu. Dengan adanya produk tersebut, pelanggan dapat mengakses jaringan IOH ke perangkat tanpa menggunakan kartu SIM.

Pelanggan IOH dapat melakukan aktivasi nomor baru atau mengganti kartu SIM lama ke eSIM tanpa terkecuali, baik prabayar maupun pascabayar.

Saat peluncuran layanan, Steve menyebut cara mendapatkan eSIM sangatlah mudah. Pelanggan cukup mengunjungi gerai yang tersedia, beli kartu eSIM atau tukar kartu SIM dengan eSIM, verifikasi informasi pribadi untuk aktivasi eSIM QR, kemudian scan QR dari perangkat.

"Selanjutnya layanan eSIM dapat dinikmati," ucapnya.

Adapun untuk fase awal, IOH hanya membuka enam gerai yang dapat dikunjungi oleh pengguna untuk beralih ke eSIM.

Keenam gerai yang dimaksud seluruhnya berada di wilayah DKI Jakarta, antara lain Gerai Pusat (Kantor Pusat Indosat Ooredoo Hutchison), Pondok Indah, Roxy, Kota Kasablanka, Mangga Dua, dan Mall Ambassador.

Namun begitu, Steve menegaskan pihaknya juga akan menyediakan layanan aktivasi eSIM untuk nomor lama maupun baru di seluruh gerai IOH di Tanah Air.

Sementara itu, baru-baru ini XL Axiata mengumumkan pihaknya juga akan segera merilis eSIM di Indonesia.

Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan produk eSIM tersebut direncanakan akan diluncurkan pada kuartal II/2023.

"Infrastruktur dan platform yang dimiliki XL Axiata juga sudah siap untuk merilis produk ini," kata Gede, Jumat (10/2/2023).

Kendati begitu, Gede belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait kapan tanggal pastinya produk eSIM tersebut dirilis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper