Ini Spesifikasi Roket Starship Elon Musk yang Meluncur Maret 2023

Asahi Asry Larasati
Senin, 6 Februari 2023 | 17:31 WIB
Starship SN20 milik SpaceX di fasilitas Starbase perusahaan di Boca Chica, Texas, 10 Februari 2022./Bloomberg/AFP/Getty Images
Starship SN20 milik SpaceX di fasilitas Starbase perusahaan di Boca Chica, Texas, 10 Februari 2022./Bloomberg/AFP/Getty Images
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan roket milik Elon Musk, SpaceX, akan melakukan peluncuran sistem roket Starship pada Maret 2023.

Starship adalah kendaraan peluncuran generasi terbaru dari SpaceX yang dirancang untuk membawa kargo dan manusia ke luar angkasa seperti bulan dan Mars.

"Jika uji coba yang tersisa berjalan dengan baik, kami akan mencoba peluncuran Starship bulan depan," cuit CEO SpaceX Elon Musk di akun Twitter resmi-nya, sebagaimana dilansir dari Reuters pada Senin (6/2/2023).

Pada bulan Januari, Elon Musk menyampaikan akan meluncurkan Starship pada bulan ini. Namun setelah uji coba dilakukan, dia mengatakan lebih memungkinkan bila peluncuran dilakukan pada Maret mendatang.

Sejak tahun lalu, SpaceX, telah berupaya untuk meluncurkan pesawat raksasa Starship ke orbit untuk kali pertama, sebuah penerbangan demonstrasi yang sangat penting karena bertujuan untuk menerbangkan astronot NASA ke bulan.

Dilansir dari Bloomberg, NASA telah mengontrak SpaceX untuk mengembangkan Starship menjadi pendarat yang dapat membawa astronot ke permukaan bulan.’

Menurut situs SpaceX, Starship merupakan transportasi kru dan kargo ke orbit Bumi, Bulan, Mars, dan lainnya. Starship dirancang untuk dapat digunakan kembali setelah peluncuran. Pesawat Starship berukuran tinggi 120 meter dan diameter 9 m.

Pesawat Starship sendiri terdiri dari dua bagian utama, yakni peluncur Super Heavy yang menjadi pendorong tahap pertama. Super Heavy ditenagai oleh oleh 33 mesin roket Raptor yang berbahan bakar metana cair dan oksigen cair (CH4/LOX) yang didinginkan.

Super Heavy sepenuhnya dapat digunakan kembali dan akan masuk kembali ke atmosfer Bumi untuk mendarat di lokasi peluncuran.

Sementara itu, unit Starship sendiri merupakan bagian kedua dari sistem ini. Unit Starship merupakan pesawat ruang angkasa mandiri yang berisikan membawa kru atau kargo. Starship juga ditenagai oleh peluncur Raptor dengan bahan bakar yang sama dengan Super Heavy.

Starship akan menjadi kendaraan peluncur paling kuat di dunia yang pernah dikembangkan, dengan kemampuan untuk membawa hingga 150 metrik ton ke orbit Bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper