Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak! Ini Daftar 8 Perusahaan Data Center Terbesar di Dunia

Banyak perusahaan di dunia berlomba-lomba menyediakan data center. Berikut ini daftar 8 perusahaan data center terbesar di dunia.
Khadijah Shahnaz Fitra
Khadijah Shahnaz Fitra - Bisnis.com 16 Januari 2023  |  09:28 WIB
Simak! Ini Daftar 8 Perusahaan Data Center Terbesar di Dunia
Ilustrasi Data Center / Dok. Telkom.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Era digital telah mendorong penggunaan data yang sangat masif. Hal itu pun membuat permintaan infrastruktur pusat data (data center) di dunia mengalami peningkatan. 

Dilansir dari dataindonesia.id, Senin (16/1/2023) seiring dengan tingginya permintaan, banyak perusahaan di dunia berlomba untuk menyediakan data center. Bahkan, ada perusahaan yang telah membangun ratusan data center hingga awal 2023.

Berikut daftar 8 perusahaan data center terbesar di dunia:

1. Equinix

Menurut Data Center Journal, Equinix menjadi perusahaan penyedia data center terbesar di dunia. Perusahaan asal Silicon Valley Amerika Serikat (AS) ini memiliki 166 data center yang tersebar di 62 kota, seperti Shanghai, Tokyo, dan Sao Paulo.

2. Digital Realty

Perusahaan penyedia data center terbesar kedua ditempati oleh Digital Realty. Jumlah data center yang dimiliki perusahaan tersebut mencapai 105 unit yang tersebar di beberapa negara.

3. Level 3 Communications

Di posisi ketiga ada Level 3 Communications. Perusahaan asal Amerika Serikat ini memiliki 57 data center di seluruh dunia.

4. Cyxtera Technologies

Cyxtera Technologies, perusahaan yang berkantor pusat di Florida, Amerika Serikat ini tercatat memiliki 46 unit data center yang tersebar di seluruh dunia.

5. Flexential

Flexential merupakan perusahaan IT yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Perusahaan ini disebut memiliki 40 unit data center secara global.

6. TierPoint

TierPoint merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT dan menjadi penyedia data center terbesar ke-6 di dunia. Perusahaan yang berkantor pusat di Missouri, Amerika Serikat ini tercatat memiliki 36 unit data center yang tersebar di berbagai lokasi di dunia.

7. Zayo Group

Zayo Group merupakan salah satu penyedia data center yang berkantor pusat di Colorado, Amerika Serikat. Jumlah data center yang disediakan Zayo Group sebanyak 33 unit di berbagai kota.

8. EdgeConnex

Sementara itu, EdgeConneX berada di urutan ke-8 dalam daftar penyedia data center terbesar di dunia. Perusahaan ini dengan 31 data center.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan data dari Data Center Journal, Indonesia memiliki 74 pusat data, dijalankan oleh 54 organisasi. 

PT Mora Telematika Indonesia memiliki data center terbesar di Indonesia yaitu mencapai 6 fasilitas, dan organisasi lainnya termasuk Princeton Digital Group, Internetindo Data Centra Indonesia, dan DCI Indonesia. Kota-kota di Indonesia yang memiliki fasilitas data center antara lain Jakarta, Surabaya, dan Surakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

data center penyedia layanan data center pusat data
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top