Microsoft Siapkan Rp4,6 Miliar Buat Startup Naungan Ventura Sinar Mas

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 9 Januari 2023 | 15:43 WIB
Logo Microsoft/ Bloomberg
Logo Microsoft/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Microsoft, raksasa teknologi asal Amerika Serikat, akan memberikan dukungan finansial hingga Rp4,6 miliar dan teknologi terhadap startup yang berada di bawah naungan Living Lab Ventures (LLV).

LLV sendiri merupakan corporate venture Sinar Mas Land yang berfokus memberikan suntikan dana untuk menginkubasi dan akselerasi global minded digital entrepreneurs potensial di Indonesia dengan menggunakan pendekatan sektor agnostik yang terbuka untuk menjangkau jaringan investasi yang lebih luas.

Dukungan Microsoft bagi pengembangan para startup naungan LLV diberikan melalui salah satu program terbarunya yakni Microsoft for Startups Founders Hub.

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land Mulyawan Gani mengarakan program ini menyediakan akses manfaat senilai lebih dari US$300.000 atau senilai Rp4,6 miliar.

Manfaat tersebut termasuk di antaranya berupa teknologi dan tools dari Microsoft serta mitra yang dapat digunakan oleh masing-masing startup hingga empat tahun, hingga sumber daya yang mereka butuhkan untuk membangun dan menjalankan bisnis mereka.

Platform digital baru ini juga menyediakan berbagai dukungan seperti teknologi dan mentoring yang diperlukan startup untuk mencapai prestasi mereka berikutnya.

“Guna mengoptimalkan tingkat penerimaan para startup naungan LLV di program ini, sejumlah ahli dari Microsoft Indonesia pun siap mendampingi para startup dalam mengisi ketentuan-ketentuan yang diperlukan selama proses pendaftaran,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (9/1/2022)

Dalam program ini, para startup naungan LLV dapat mengakses berbagai macam aplikasi yang canggih, mulai dari platform cloud yang terpercaya, aman, dan open-source friendly, hingga alat produktivitas terbaik bagi developer, seperti GitHub Enterprise, Engineer Visual Studio Enterprise, Power Platform, Microsoft 365, Dynamics 365, hingga akses ke leading edge technology seperti OpenAI, yang merevolusi Natural Language System dengan kemampuan dari GPT-3 model.

Sebagai materi pelatihan, para startup founders juga akan mendapat akses ke Microsoft Learn (yang kini sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia) untuk membangun berbagai developer skills seperti DevOps Engineer, Data Engineer, Data Scientist, Solution Architect, hingga Security Engineer.

" LLV akan terus mendukung perusahaan startup lokal untuk membuka potensi mereka agar menjadi game-changer dengan mengintegrasikan inovasi dan solusi teknologi mereka ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, khususnya di BSD City.” jelasnya.

Dari sisi Microsoft, Chief Technology Officer for Digital Natives and Startups Microsoft Indonesia Makka Kesuma melihat startup adalah salah satu segmen yang memegang peranan kritikal bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Bukan hanya menyediakan lapangan pekerjaan, startup juga mendorong inovasi, kreativitas, dan daya saing yang menjadi keunggulan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper