Cara Menggunakan Fitur Google Maps Cari Lokasi Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik EV

Rendi Mahendra
Senin, 12 Desember 2022 | 08:09 WIB
Kini Google Maps menambahkan fitur pencarian lokasi lokasi Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle)./Pixabay-PhotoMIX Company
Kini Google Maps menambahkan fitur pencarian lokasi lokasi Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle)./Pixabay-PhotoMIX Company
Bagikan

Bisnis.com, Solo - Google Maps meluncurkan fitur  yang memungkinkan pengguna kendaraan elektrik mencari lokasi Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle).

Sebagaimana diketahui Google Maps merupakan produk yang dikembangkan Google yang menyediakan layanan berupa  pemetaan web yang biasanya digunakan mencari lokasi tertentu.

Layanan itu di antaranya dapat digunakan untuk melihat citra satelit, peta jalan, panorama 360°, hingga kondisi lalu lintas.

Namun dari seluruh layanan Google Maps yang paling sering digunakan yaitu perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda, atau angkutan umum dari satu titik ke titik lain.

Seiring berkembangnya waktu Google Maps terus memperbaharui fitur-fitur menyesuaikan dengan kebutuhan.

Salah satu fitur terbaru di Google Maps adalah fitur pencarian Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle) terdekat.

Adanya fitur pencarian Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle) menjawab kebutuhan semakin maraknya penggunaan kendaraan elektrik

Sebelumnya produk Google ini punya fitur yang memudahkan pemakai kendaraan dengan bahan bakar minyak dengan menyediakan fitur pencarian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Fitur tersebut terbukti membantu pengendara menemukan lokasi SPBU terdekat jika ingin mengisi BBM kendaraanya.

Dengan adanya fitur pencarian Stasiun Pengisian Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle), Google Maps sadar bahwa masa depan transportasi akan beralih ke EV (Electric Vehicle).

Sementara itu, fitur EV (Electric Vehicle) dengan fitur pencarian lokasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tak berbeda jauh.

Lebih jelasnya berikut cara menggunakan fitur Google Maps cari Stasiun Pengisian Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle).

Cara mencari Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle) dengan Aplikasi Google Maps di Smartphone

1. Pastikan Google Maps telah terpasang di gawai

2. Kemudian izinkan Google untuk mengakses informasi lokasi terkini

3. Pililh fitur Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle)

4. Google Maps akan menampilkan titik keberadaan Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle) baik itu di sekitar lokasi atau jauh dari lokasi terkini

5. Langkah selanjutnya untuk menemukan Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle) terdekat  yaitu dengan mengatur filter jarak dan waktu buka/beroperasi di bagian atas peta

6. Hasilnya Google Maps menampilkan lokasi keberadaan Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle) terdekat yang masih beroperasi

7. Selain itu, pengguna juga bisa memilih Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle) terdekat dengan alamat, jarak titik dari lokasi terkini, dan jam operasional di fitur “Lihat Daftar”

Cara mencari Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle) dengan Pencarian di Google

1. Pastikan untuk mengizinkan Google mengakses lokasi terkini

2. Masuk ke mesin pencari Google

3. Ketik kata kunci "Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle) Terdekat"

 4. Maka Google akan menampilkan lokasi Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle) Terdekat dalam format peta dan daftarnya

Menurut laporan ANTARA, Google Maps telah melakukan kerja sama dengan berbagai mitra pengisian daya, salah satunya stasiun pengisian daya EV yang berlokasi di AS dan Inggris.

Kerja sama antara pengisian daya EV dan Google Maps tersbeut sudah berjalan selama tiga tahun.

Adapun di Indonesia titik Pengisian Daya Kendaraan Elektrik atau EV (Electric Vehicle) belum menjangkau seluruh wilayah .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper