Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Unilever Pimpin Pendanaan Seri A Startup Kecantikan ESQA Rp94 Miliar

Unilever bersama FMCG dan East Ventures menyuntikkan dana US$ juta atau setara Rp94 miliar ke startup ESQA.
Khadijah Shahnaz Fitra
Khadijah Shahnaz Fitra - Bisnis.com 29 November 2022  |  10:55 WIB
Unilever Pimpin Pendanaan Seri A Startup Kecantikan ESQA Rp94 Miliar
Logo Unilever - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - ESQA, startup kecantikan Indonesia mendapatkan pendanaan Seri A senilai US$6 juta atau setara Rp94 miliar yang dipimpin oleh Unilever Ventures. FMCG dan East Ventures juga turut berpartisipasi dalam pendanaan ini.

Co-founder dan CPO ESQA, Kezia Trihatmanto, menjelaskan dengan dana segar ini, startup kecantikan ini berencana memperluas distribusi omnichannel dan menjangkau kota-kota baru serta berekspansi ke luar negeri, mengembangkan penawaran produk inovatif, membangun bakat, dan memperkuat strategi pemasaran mereka.

“Inovasi adalah yang terdepan dalam merek kami. Pendekatan kami adalah untuk berpikir secara global dan bertindak secara regional, oleh karena itu ESQA tangkas dalam melihat tren internasional tetapi melayani kebutuhan kulit Asia dan lokal sesuai dengan fokus kami yang berpusat pada pelanggan, menyediakan produk yang dibutuhkan pelanggan,” kata Kezia dalam keterangan resmi, Selasa (29/11/2022)

Kezia juga menjelaskan saat ini Indonesia adalah pasar kecantikan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Indonesia diprediksi akan tumbuh menjadi US$9,8 miliar pada 2025, sedangkan di Asia Tenggara diperkirakan akan tumbuh menjadi US$32,9 miliar pada 2025 menurut iSTRATA.

Terlepas dari pandemi, ESQA telah mencatat profitabilitas yang cukup baik. Menyusul kesuksesan tersebut, investasi yang diterima ESQA ini sekaligus menandai investasi kecantikan pertama yang dilakukan oleh Unilever Ventures di Asia Tenggara.

Kezia mengungkapkan pada awalnya pihaknya tidak mencari penggalangan dana. Namun, perusahaan menyadari bahwa diperlukan keahlian strategis seiring pertumbuhan bisnis.

"Dengan keahlian Unilever Ventures dalam bermitra dengan para pendiri visioner dalam membangun merek konsumen ikonik di seluruh dunia dan ekosistem kuat East Ventures di Indonesia, hal ini akan memberdayakan ESQA untuk memulai tahap pertumbuhan berikutnya. Kami sangat senang dapat bermitra dengan kedua investor marquee tersebut,” ujarnya.

ESQA, merupakan merek kosmetik vegan pertama di Indonesia, saat ini merek tersebut telah meluncurkan banyak produk inisiasi di Indonesia dengan total 120 stock keeping unit (SKU). Semua produk mereka bersertifikat vegan dan halal.

Saat ini ESQA didistribusikan melalui platform omnichannel dan tersedia secara luas di pasar, e-commerce dan situs web langsung ke konsumen.

ESQA telah memperluas bisnisnya ke pasar Asia Tenggara, termasuk Vietnam, Singapura, dan Malaysia. Merek ini juga dijual di peritel luring terkemuka seperti Sociolla, Sephora, Watsons dan toko kosmetik lokal di 47 kota di seluruh Indonesia. ESQA telah berekspansi ke Vietnam melalui toko Sociolla di Ho Chi Minh, Da Nang, dan Hanoi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unilever pendanaan StartUp investasi startup
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top