Unilever Pimpin Pendanaan Seri A Startup Kecantikan ESQA Rp94 Miliar

Khadijah Shahnaz Fitra
Selasa, 29 November 2022 | 10:55 WIB
Logo Unilever/Bloomberg
Logo Unilever/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - ESQA, startup kecantikan Indonesia mendapatkan pendanaan Seri A senilai US$6 juta atau setara Rp94 miliar yang dipimpin oleh Unilever Ventures. FMCG dan East Ventures juga turut berpartisipasi dalam pendanaan ini.

Co-founder dan CPO ESQA, Kezia Trihatmanto, menjelaskan dengan dana segar ini, startup kecantikan ini berencana memperluas distribusi omnichannel dan menjangkau kota-kota baru serta berekspansi ke luar negeri, mengembangkan penawaran produk inovatif, membangun bakat, dan memperkuat strategi pemasaran mereka.

“Inovasi adalah yang terdepan dalam merek kami. Pendekatan kami adalah untuk berpikir secara global dan bertindak secara regional, oleh karena itu ESQA tangkas dalam melihat tren internasional tetapi melayani kebutuhan kulit Asia dan lokal sesuai dengan fokus kami yang berpusat pada pelanggan, menyediakan produk yang dibutuhkan pelanggan,” kata Kezia dalam keterangan resmi, Selasa (29/11/2022)

Kezia juga menjelaskan saat ini Indonesia adalah pasar kecantikan dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Indonesia diprediksi akan tumbuh menjadi US$9,8 miliar pada 2025, sedangkan di Asia Tenggara diperkirakan akan tumbuh menjadi US$32,9 miliar pada 2025 menurut iSTRATA.

Terlepas dari pandemi, ESQA telah mencatat profitabilitas yang cukup baik. Menyusul kesuksesan tersebut, investasi yang diterima ESQA ini sekaligus menandai investasi kecantikan pertama yang dilakukan oleh Unilever Ventures di Asia Tenggara.

Kezia mengungkapkan pada awalnya pihaknya tidak mencari penggalangan dana. Namun, perusahaan menyadari bahwa diperlukan keahlian strategis seiring pertumbuhan bisnis.

"Dengan keahlian Unilever Ventures dalam bermitra dengan para pendiri visioner dalam membangun merek konsumen ikonik di seluruh dunia dan ekosistem kuat East Ventures di Indonesia, hal ini akan memberdayakan ESQA untuk memulai tahap pertumbuhan berikutnya. Kami sangat senang dapat bermitra dengan kedua investor marquee tersebut,” ujarnya.

ESQA, merupakan merek kosmetik vegan pertama di Indonesia, saat ini merek tersebut telah meluncurkan banyak produk inisiasi di Indonesia dengan total 120 stock keeping unit (SKU). Semua produk mereka bersertifikat vegan dan halal.

Saat ini ESQA didistribusikan melalui platform omnichannel dan tersedia secara luas di pasar, e-commerce dan situs web langsung ke konsumen.

ESQA telah memperluas bisnisnya ke pasar Asia Tenggara, termasuk Vietnam, Singapura, dan Malaysia. Merek ini juga dijual di peritel luring terkemuka seperti Sociolla, Sephora, Watsons dan toko kosmetik lokal di 47 kota di seluruh Indonesia. ESQA telah berekspansi ke Vietnam melalui toko Sociolla di Ho Chi Minh, Da Nang, dan Hanoi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper