Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Catat Lonjakan Trafik 5G Tertinggi saat KTT G20

IOH jmenaikkan kapasitas jaringan hingga 76 persen di area KTT G20 dengan implementasi teknologi MOCN (Multi Operator Core Network).
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 16 November 2022  |  23:55 WIB
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Catat Lonjakan Trafik 5G Tertinggi saat KTT G20
Pelanggan berada di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatatkan lonjakan trafik 5G tertinggi saat rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali berlangsung.

"Rata-rata lonjakan trafik 5G sebesar 123 persen. Trafik 4G juga turut mengalami kenaikan rata-rata sebesar 22 persen dibandingkan hari biasa," kata Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung, Rabu (16/11/2022).

Dia menuturkan kenaikan trafik ini turut didukung oleh uji coba implementasi 5G di spektrum frekuensi 3.5 GHz dan 26 GHz yang dilakukan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang mampu menghasilkan kecepatan koneksi data [throughput] sampai dengan 800 Mbps.

Bukan itu saja, Desmond menyebut pihaknya juga membangun Digital Command Center yang berlokasi di Kantor IOH, Bypass Ngurah Rai, Tuban, Bali, sebagai wujud komitmen IOH bersama Kemenkominfo untuk menyukseskan puncak rangkaian acara KTT G20.

"Digital Command Center ini merupakan pusat pemantauan kondisi jaringan telekomunikasi IOH secara terintegrasi yang mampu mendeteksi potensi gangguan secara cepat di sites agar dapat segera diatasi," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pada Command Digital Center IOH, terdapat sistem monitor untuk memantau trafik data, throughput, jumlah pengguna, kondisi BTS, sampai kualitas layanan aplikasi favorit pelanggan baik di jaringan 5G dan 4G selama rangkaian puncak KTT G20.

Lewat Digital Command Center ini pula, lanjut Desmond, IOH memonitor dan memastikan terjaganya kualitas sinyal serta layanan telekomunikasinya bagi seluruh pelanggan IM3, Tri, dan Travel-On, kartu yang khusus dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para delegasi negara G20 dan turis mancanegara.

Adapun dia menambahkan, parameter yang dipantau antara lain kinerja jaringan, trafik data, jumlah pengguna, ketersediaan jaringan, hingga pergerakan personil operasional di lapangan.

"IOH juga memperkuat cakupan jaringan 5G dan 4G di sepanjang jalan sekitar Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai hingga ke kawasan Nusa Dua serta tempat-tempat utama acara puncak KTT G20," tutupnya.

Untuk diketahui, IOH juga menaikkan kapasitas jaringan hingga 76 persen di area KTT G20 dengan implementasi teknologi MOCN (Multi Operator Core Network) dan mencatatkan penambahan pengguna sekitar 22 persen dibandingkan hari biasa.

Kecepatan mengunduh dan menggunggah data tercatat di kisaran 40 Mbps. Pada lokasi utama seperti hotel The Apurva Kempinski dan Media Center di BICC mampu menembus 100 Mbps.

Selain itu, IOH berhasil menjaga ketersediaan jaringan tetap 100 persen dengan latensi 40 ms untuk memberikan pengalaman terbaik saat pelanggan melakukan streaming video, berbagi pesan, foto, dan video melalui aplikasi messaging, serta melakukan posting di media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indosat indosat ooredoo Indosat Ooredoo Hutchison teknologi 5G 5g g20 KTT G20
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top