Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Telkom (TLKM) Gandeng Indosat, Percepat 5G hingga Metaverse

Telkom (TLKM) menggandeng Indosat Ooredoo Hutchison untuk mempercepat adopsi teknologi seperti 5G, Internet of Things, hingga industrial metaverse.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 14 November 2022  |  14:03 WIB
Telkom (TLKM) Gandeng Indosat, Percepat 5G hingga Metaverse
Ilustrasi jaringan internet 3G, 4G, dan 5G - freepik
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG - Telkom Indonesia (TLKM) bersama Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menjalin kolaborasi untuk mempercepat adopsi teknologi seperti 5G, Internet of Things, hingga industrial metaverse.

yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk dapat memberikan pengalaman digital terbaik bagi masyarakat serta berperan aktif mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah mengatakan sebagai lokomotif digitalisasi di Indonesia, pihaknya selalu ingin memperluas perannya dalam mempercepat adopsi teknologi nasional dan menggerakkan ekonomi digital Indonesia, salah satunya melalui kolaborasi dengan IOH.

"Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dan jangkauan, lebih jauh lagi mempercepat adopsi teknologi seperti 5G, Internet of Things, dan industrial metaverse yang akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia di masa depan," ujarnya, Senin (14/11/2022).

Dia menyebut, Indonesia jadi negara terbesar di Asia Tenggara dalam hal populasi dan Gross Merchandising Value (GMV) ekonomi digital. Menurut beberapa penelitian, pada 2022, GMV ekonomi digital Indonesia adalah yang tertinggi di Asia Tenggara dengan US$77 miliar dan diproyeksikan jadi US$220-360 miliar pada 2030.

Potensi ekonomi digital pada 2030 ini, sambung Ririek, disumbangkan oleh banyak pemangku kepentingan yang terlibat dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia. Mulai dari perusahaan startup, investor, populasi digital, hingga perusahaan telekomunikasi yang menghadirkan pengalaman digital yang mengesankan kepada pelanggan.

"Telkom Indonesia dan IOH berupaya menciptakan inovasi untuk solusi digital, sekaligus menjajaki kemungkinan kemitraan dengan perusahaan teknologi global untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah [UKM] bahkan perusahaan besar untuk tumbuh lebih besar lagi," ucapnya.

Sementara itu, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menambahkan, kolaborasi dengan Telkom Indonesia merupakan salah satu upaya perusahaan untuk memberikan pengalaman digital yang luar biasa dan berkelas dunia kepada seluruh pelanggan sekaligus mempercepat transformasi digital Indonesia.

Lebih lanjut, dia menyatakan baik Telkom maupun IOH bertujuan untuk meningkatkan literasi digital bagi keberlangsungan bisnis digital di Indonesia. Keduanya berkomitmen untuk memberdayakan lebih banyak sumber daya manusia dengan talenta digital untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional melalui digitalisasi.

"Telkom Indonesia dan IOH akan terus memainkan peran penting dalam mempercepat ekosistem digital di Indonesia melalui kolaborasi serta pengembangan produk dan layanan. Kolaborasi ini akan mengatasi tantangan masyarakat digital sekaligus memberikan pengalaman yang luar biasa bagi setiap masyarakat Indonesia," tutur Vikram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkom indosat Indosat Ooredoo Hutchison teknologi 5G metaverse
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top