XL Axiata Siapkan 10 BTS 4G Jelang WSBK Mandalika

Rahmi Yati
Kamis, 10 November 2022 | 12:27 WIB
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS), Minggu (15/4/2019)./Bisnis-Rachman
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS), Minggu (15/4/2019)./Bisnis-Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menyiapkan sedikitnya 10 BTS 4G untuk memastikan jaringan di Lombok dalam kondisi prima dan siap menyambut event World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, 12-13 November 2022.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan pihaknya berkomitmen untuk ikut serta memberikan dukungan penuh acara WSBK di Mandalika yang kedua ini, dengan menyediakan jaringan 4G dan 5G secara memadai sesuai dengan kebutuhan.

"Sedikitnya ada 10 BTS 4G yang telah disiapkan untuk mencakup seluruh Mandalika, termasuk sirkuit dan area pendukung di sekelilingnya, yang di dalamnya terdapat puluhan hotel besar dan kecil, restoran, dan berbagai penunjang pariwisata lainnya," kata Gede, Kamis (10/11/2022).

Menurutnya, potensi lonjakan trafik di event WSBK ini sangat besar mengingat acara balap tersebut sangat digemari masyarakat Indonesia. Pun dengan potensi hadirnya penonton dari luar negeri.

Artinya, sambung Gede, makin banyak orang datang ke area tersebut, kebutuhan atas jaringan telekomunikasi dan data yang berkualitas juga dipastikan akan meningkat.

"XL Axiata juga menyediakan jaringan 5G di sekitar area sirkuit dengan memanfaatkan dynamics spectrum sharing [DSS], serta menyiagakan 3 unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap dunia tersebut berlangsung," ujar dia.

Gede menambahkan, khusus untuk BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, XL Axiata akan menerapkan teknologi terbaru yaitu Massive MIMO. Dengan teknologi ini, ke depannya dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data.

Peningkatan kualitas jaringan 4G, lanjut dia lagi, tidak hanya sebatas di Mandalika. XL Axiata juga memperluas jaringan tersebut ke seluruh penjuru Lombok, baik untuk peningkatan kualitas layanan data dan suara di wilayah perkotaan, maupun perluasan ke area-area yang sebelumnya memang belum terjangkau.

"Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah hadir melayani pelanggan di 598 desa/kelurahan, 54 kecamatan, dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan sekitar 2.300 di antaranya BTS 4G," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper