Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

JELAJAH SINYAL 2022: Dongkrak Pariwisata Kampung Adat Todo, Telkomsel Hadirkan Jaringan Fiber Optik

Telkomsel terus meningkatkan kualitas layanan jaringannya di Kampung Adat Todo,Manggarai, NTT dengan upgrade menggunakan transmisi kabel optik.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 08 November 2022  |  06:31 WIB
JELAJAH SINYAL 2022: Dongkrak Pariwisata Kampung Adat Todo, Telkomsel Hadirkan Jaringan Fiber Optik
Papan selamat datang di Kampung Adat Todo, NTT/JIBI - Bisnis / Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, NTT - Telkomsel terus meningkatkan kualitas layanan jaringannya di Kampung Adat Todo, Desa Todo, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan upgrade menggunakan transmisi kabel optik, setelah sebelumnya juga telah membangun menara Base Transceiver Station (BTS) 4G di lokasi tersebut.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi berupa tower BTS 4G dan jaringan transmisi fiber optik tersebut dilakukan untuk memberikan dukungan kepada Kampung Adat Todo yang merupakan salah satu destinasi wisata yang kini banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke daerah Kabupaten Manggarai.

Ryan Nanda Perdana, Telkomsel Network Service Kupang menjelaskan bahwa Telkomsel akan terus menjamin kualitas jaringan internet dan telekomunikasi yang ada di wilayah itu sehingga wisatawan bisa lebih nyaman ketika berkunjung ke Kampung Adat Todo.

"Telkomsel terus meningkatkan kualitas jaringan-nya dengan upgrade menggunakan transmisi kabel optik. Kami akan support terus secara menyeluruh dengan ketersediaan jaringan yang baik dan berkualitas," tuturnya kepada Tim Jelajah Sinyal 2022 Bisnis Indonesia, Senin (7/11/2022).

Ryan menjelaskan, pembangunan BTS 4G sudah ada di wilayah tersebut sejak 2014, sementara kabel optik Telkomsel dibangun pada Agustus 2022.

Menurutnya, Telkomsel juga akan menggandeng semua pihak terkait untuk meningkatkan kualitas layanan data di sana agar warga Kampung Adat Todo bisa meningkatkan taraf perekonomiannya. 

"Kita juga akan terus bersinergi dengan para stakeholder ya, sehingga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi di daerah tersebut," katanya.

Sementara itu, Kampung Adat Todo diketahui hingga saat ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di wilayah tersebut karena memiliki sejumlah keunikan.

Kampung Adat Todo yang terletak di Flores ini juga dijuluki “Minangkebau” oleh orang Flores, karena di sana dikenal menjadi pusat peradaban Minangkabau di kawasan tersebut.

Konon pada zaman dahulu kampung tersebut merupakan pusat kerajaan Manggarai. Raja-raja pertama Manggarai Raya dan Manggarai hidup dan tinggal di kampung yang terletak di kawasan Lembah Todo ini.

Selain sejarah dan hubungannya dengan kerajaan Manggarai, Kampung Adat Todo juga terbilang unik karena ada susunan batu yang mirip jalan setapak di sekeliling halaman kampung. Selain itu bentuk rumah adatnya juga unik dan adanya keberadaan gendang yang konon berasal dari kulit manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Sinyal manggarai ntt telkomsel
Editor : Puput Ady Sukarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top