Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Belum Dapat STB Gratis? Segera Lapor Kominfo, Ini Caranya!

Kominfo membuka laporan pengaduan bagi masyarakat yang belum menerima STB gratis. Cek cara lapornya di sini.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 05 November 2022  |  11:05 WIB
Belum Dapat STB Gratis? Segera Lapor Kominfo, Ini Caranya!
Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. - Kompub ASO/Wienda Parwitasari
Bagikan

Bisnis.com , JAKARTA - Siaran TV analog akan di Jabodetabek resmi dimatikan per 2 November 2022 dan digantikan dengan TV digital. Berkenaan hal tersebut, Kominfo membuka posko informasi pengaduan pada kelompok rumah tangga miskin (RTM) yang belum mendapatkan STB.

"Penghentian siaran tv analog merupakan amanat dari Undang-Undang No. 11 tahun 2020 tentang cipta kerja dimana disebutkan migrasi siaran televisi teresterial dari analog ke digital diselesaikan paling lambat tanggal 2 November 2022," jelas Mahfud MD dalam siaran pers hitung mundur ASO, dikutip pada Sabtu (5/11/2022).

Demi menyukseskan migrasi televisi digital ke seluruh lapisan masyarakat, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menyalurkan set top box (STB) secara gratis kepada rumah tangga miskin di wilayah Jabodetabek.

"RTM yang mendapatkan STB adalah yang terdaftar di dalam desil-1 dalam data Percepatan Penyasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE)," tulis Kominfo.

Sementara itu, khusus untuk Provinsi DKI Jakarta kelompok RTM yang berhak mendapatkan STB gratis ialah yang terdaftar pada data carik desil-1 Provinsi DKI Jakarta.

Secara lebih lanjut, Kominfo membuka posko pengaduan bagi RTM dimaksud yang belum mendapatkan set top box gratis. Kominfo melaporkan telah menyiapkan 6,7 juta unit STB yang akan didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia.

Lebih rinci, bantuan STB gratis tersebut diakomodir oleh stasiun TV yang menjadi penyelenggara multipleksing (mux) bersama dengan Kementerian Kominfo. Sebanyak 5,7 juta unit STB berasal dari stasiun TV dan 1 juta STB bersumber dari Kemenkominfo.

Bagi kelompok RTM yang belum menerima STB gratis, dapat menghubungi secara langsung konyak layanan melalui nomor telepon 159 atau via chat bot WhatsApp di nomor 08118202208.

Selain itu, masyarakat juga bisa menyampaikan pengaduan melalui laman siarandigital.kominfo.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tv digital kominfo migrasi siaran digital
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top