Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Uni Eropa 'Paksa' iPhone Pakai USB Type C, Ini Respons Apple

Apple memberikan respons soal aturan Uni Eropa yang mewajibkan sebagian besar gawai pribadi menggunakan USB type C sebagai pengisi daya ataupun transfer data.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 26 Oktober 2022  |  17:07 WIB
Uni Eropa 'Paksa' iPhone Pakai USB Type C, Ini Respons Apple
Apple. - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple, produsen teknologi asal Amerika Serikat, akan menggunakan kabel USB Type C untuk mengisi daya atau baterai usai Uni Eropa (UE) mengesahkan aturan baru.

Dilansir dari 9to5mac, Rabu (26/10/2022), UE mewajibkan sebagian besar gawai pribadi beralih ke USB Type C untuk mengisi daya ataupun transfer data. Hal ini memaksa Apple harus menganti kabelnya dari Lightning ke USB Type C.

Apple telah mengkonfirmasi bahwa mereka harus mematuhi peraturan baru ini, terlepas dari kenyataan bahwa Apple pada dasarnya masih tidak setuju dengan dasar peraturan pengisi daya umum yang baru.

"USB Type C dan Lightning adalah dua konektor paling populer di dunia, dengan lebih dari satu miliar orang menggunakan kabel Lightning," kata Senior VP of Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak.

Apple menilai bisa mengambil jalan tengah dengan menyediakan jenis kabel yang memiliki Lightning dan pengguna bisa memilih jenis konektor yang paling nyaman, seperti USB Type C atau USB Type A.

Menurutnya, anggota parlemen Uni Eropa dan Apple telah berada dalam sedikit ketidaksepakatan tentang gagasan peraturan pengisi daya yang umum.

Dia menuturkan bahwa terlepas dari kenyataan bahwa UE memiliki niat baik, itu adalah hal yang sulit untuk diatur. Sebelumnya, anggota parlemen UE pernah mencoba menstandardisasi konektor micro-USB yang sekarang sudah ketinggalan zaman.

Namun, pada akhirnya, Joswiak menegaskan bahwa Apple tidak akan memiliki pilihan untuk tidak mematuhi aturan UE soal pengisi daya umum UE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple iphone uni eropa
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top