Telkomsel dan IndiHome Bakal Jadi Satu, Telkom: Tuntas Awal 2023

Rahmi Yati
Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:43 WIB
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Proses peleburan dua anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), yakni IndiHome dan Telkomsel ditargetkan bisa selesai awal 2023.

Vice President Marketing Management Telkom E. Kurniawan mengatakan penggabungan IndiHome dan Telkomsel ini akan melahirkan produk fixed mobile convergent (FMC) yang dapat dimanfaatkan masyarakat akan kebutuhan akses internet.

"Iya, mudah-mudahan awal 2023 ini kita sudah bisa diumumkan. Kalau produk FMC sekarang ini sudah ada antara IndiHome dan Telkomsel itu bundling jadi satu itu namanya IndiHome Orbit sudah FMC, cuma antarkuota satu dan sama lainnya masih sendiri-sendiri," kata Kurniawan, Selasa (25/10/2022).

Dia menyebut, nantinya setelah resmi digabungkan, pelanggan cukup membayar semua layanan atau produk FMC lewat satu pintu. Sebab, baik teknologi, bisnis, hingga proses pengelolaannya akan saling terintegrasi.

Lebih lanjut dia menambahkan, seiring dengan proses perkawinan yang masih berlangsung, pihaknya juga tengah mengurus perizinan untuk merealisasikan penggabungan dua unit bisnis itu.

"Izinnya IndiHome ada di Telkom. Kalau FMC dialihkan ke business to customer, pasti ada pembicaraan lebih ke situ. Aset yang digelar saat ini, kemarin kan oleh Telkom, kalau ada peralihan bisnis ada hitung-hitungan," terang Kurniawan.

Dia menambahkan, dengan penggabungan IndiHome dan Telkomsel, maka Telkom akan fokus pada Business to Business (B2B) dan Telkomsel akan membidik yang berkaitan dengan Business to Consumer (B2C).

Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan FMC akan jadi layanan baru di masa depan. Pasalnya, kebutuhan masyarakat akan internet kian melonjak, terutama di masa pandemi ini. Hal tersebut membuat operator seluler harus bergerak cepat untuk memenuhi permintaan tersebut.

"Mungkin rekan-rekan sudah mendengar Fixed Mobile Covergence yang Insya Allah sekarang dalam proses. Mudah-mudahan akan menjadi service Telkomsel ke depannya," ujar Hendri pekan lalu.

Sebagai informasi, pada pertengahan tahun ini, Telkom akan melepas layanan fixed mobile andalan mereka, IndiHome, ke Telkomsel yang nantinya akan melahirkan Fixed Mobile Covergence (FMC).

Adapun salah satu alasan penggabungan layanan ini adalah meningkatkan kebutuhan akan data terutama setelah adanya pandemi Covid-19. FMC kemudian dinilai jadi salah satu yang bisa operator telekomunikasi lakukan untuk tumbuh dengan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper