IndiHome Klaim Punya Panjang Serat Optik 4 Kali Keliling Bumi

Rahmi Yati
Selasa, 25 Oktober 2022 | 18:57 WIB
Ilustrasi kabel serat optik/Reuters-Alessandro Bianchi
Ilustrasi kabel serat optik/Reuters-Alessandro Bianchi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - IndiHome mengeklaim telah membentangkan serat optik sepanjang 170.885 kilometer yang terdiri dari 106.185 kilometer serat optik domestik dan 64.700 kilometer serat optik internasional atau setara 4 kali keliling bumi.

Vice President Marketing Management Telkom Edie Kurniawan mengatakan saat ini IndiHome juga telah memiliki kekuatan layanan yang prima dengan dukungan lebih dari 16.800 teknisi.

"IndiHome terus berupaya untuk mengembangkan peningkatan layanan. Kami menghadirkan berbagai inovasi yang mengutamakan kepuasan pelanggan," katanya, Selasa (25/10/2022).

Bukan itu saja, dia menyebut IndiHome juga mengembangkan digitalisasi layanan hingga customer care, yang jadi solusi perusahaan kepada pelanggan seiring dengan kebutuhan konsumsi internet yang kian meningkat.

"Misalnya menyediakan konten menarik yang bekerja sama dengan 14 OTT partner seperti Netflix, MOLA, Vidio, WeTV, serta memiliki variasi paket sesuai kebutuhan pelanggan, mulai dari paket 30 Mbps hingga 300 Mbps," ujar Kurniawan.

Sementara itu Ketua Umum Masyarakat Telekomunikasi Indonesia (Mastel) Sarwoto Atmosutarno menyebut untuk fixed broadband, jaringannya yang terbuka dan saling terhubung membuat pelanggan cenderung bakal survei dahulu sebelum memutuskan berlangganan.

Adapun, sambung dia, masyarakat akan mempertimbangkan ada tidaknya jaringan hingga kualitasnya sebelum memutuskan berlangganan. Jika sudah berlangganan, maka akan sangat sulit untuk beralih ke produk lainnya.

“Untuk menjaga para pelanggannya maka penyedia layanan internet fixed broadband harus kreatif. Misalnya menjaga kualitasnya serta menawarkan paket bundling dengan berbagai layanan streaming untuk menjaga pelanggan maupun menggaet pelanggan baru,” tutur Sarwoto.

Berdasarkan laporan Ookla pada kuartal II/2021, kualitas jaringan IndiHome memiliki keunggulan dalam hal kerendahan latensi. Speedtest Intelligence dari Ookla menunjukkan latensi IndiHome hanya 15 millisecond, diikuti pemain lain yakni MyRepublic (16), BizNet (21), dan First Media (26).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper