Ini Daftar 10 Perusahaan Teknologi Besar yang PHK Karyawan

Khadijah Shahnaz
Kamis, 13 Oktober 2022 | 20:27 WIB
Ilustrasi perusahaan rintisan (startup) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK)/Dice Insights
Ilustrasi perusahaan rintisan (startup) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK)/Dice Insights
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Intel dan Meta, induk dari Facebook dikabarkan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada ribuan karyawannya. Langkah tersebut menambah panjang daftar perusahaan teknologi besar yang melakukan PHK terhadap karyawannya.

Alasan Meta melakukan PHK karena hambatan global dan penurunan belanja. Sementara itu, Intel melakukan PHK terhadap ribuan karyawannya untuk untuk memangkas biaya dan mengatasi pasar komputer pribadi yang saat ini tersendat.

Dilansir dari Treup, sampai dengan hari ini, Kamis (13/10/2022) PHK di yang terjadi di perusahaan teknologi dan startup sudah sampai 938 PHK di perusahaan teknologi dengan 144.000 orang terkena dampaknya. PHK terbaru yang dilaporkan adalah 2 hari yang lalu di Pacaso.

Adapun, beberapa perusahaan teknologi besar sepanjang 2022 sudah melakukan PHK seperti, Netflix, Snapchat, Twitter, Meta dan Microsoft.

Berikut ini daftar perusahaan teknologi besar yang PHK karyawannya:

1. Netflix

Netflix sudah melakukan PHK pada tahun ini sebanyak dua kali. Sebelumnya, Netflix melakukan PHK kepada 150 karyawan dan puluhan kontraktor pada Mei lalu. Kemudian, pada Juni Netflix kembali melakukan PHK sekitar 300 pegawainya.

Dilansir dari the verge, Jumat (24/6/2022), juru bicara Netflix Bao Nguyen mengatakan PHK tersebut kebanyakan akan terjadi di Amerika Serikat, meski sejumlah kantor di beberapa negara juga akan terdampak.

“Hari ini dengan terpaksa kami akan melakukan PHK kepada 300 pegawai. Kami masih akan terus berinvestasi di bisnis ini, tetapi dengan melakukan sejumlah penyesuaian untuk merespons pertumbuhan bisnis yang melambat,” jelasnya. 

Seperti diketahui, dalam pengumuman kinerja Netflix kuartal lalu, perusahaan tersebut mengalami perlambatan bisnis dan jumlah pelanggannya terpangkas untuk pertama kalinya.

2. Snapchat

Snap.Inc, induk raksasa media sosial AS Snapchat berencana memberhentikan sekitar 20 persen dari 6.400 karyawannya atau sekitar 1.200 karyawan. Upaya ini mengikuti sejumlah raksasa teknologi lainnya yang lebih dahulu melakukan PHK, seperti Netflix dan Tesla.

“PHK yang telah direncanakan Snap selama beberapa minggu terakhir akan dimulai pada Rabu (31/8/2022),” kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut dikutip dari The Verge, Rabu (31/8/2022).

3. Apple

Apple, produsen teknologi asal Amerika Serikat  telah memangkas lebih dari 100 peran kontraktor atau outsource di beberapa wilayah, seperti dilansir Bloomberg. Para kontraktor berasal dari bagian rekrutmen perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper