Internet Web3 Jadi Andalan IdCloudHost Dukung Transformasi Digital Indonesia Jilid 2  

MG Noviarizal Fernandez
Sabtu, 8 Oktober 2022 | 23:52 WIB
Komputasi awan/Istimewa
Komputasi awan/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – IdCloudHost menyambut tantangan Presiden Joko Widodo agar generasi muda dapat memainkan peranan dalam pemanfaatan internet bagi pengembangan ekonomi digital Indonesia menuju 2030.

Pasalnya, sebelumnya Presiden Joko Widodo menilai bahwa generasi muda memainkan peranan penting penggunaan internet, mengingat besarnya potensi ekonomi digital Indonesia pada 2030 yang diperkirakan akan melonjak 8 kali lipat atau dari Rp632 miliar triliun di 2020 menjadi Rp4.531 triliun pada 2030.

"Kami mengambil peran aktif dalam pengembangan digital ekonomi Indonesia menuju 2030. Kami mendukung Digitalisasi Jilid 2 yang diarahkan Presiden Jokowi, dengan menyiapkan infrastruktur Internet Web3", ujar Alfian Pamungkas, CEO IDCloudHost seperti dikutip, Sabtu (8/10/2022).

Alfain pun menyamoaikan hal tersebut disela-sela Seminar  World Class Show, Redefining the Boundaries of Cloud and Sustainability Data Center, di Hotel JW Marriot, 4 Oktober 2022. Web3 adalah internet generasi ketiga berbasis blockchain di mana data akan saling berhubungan dengan cara yang terdesentralisasi.

Web3 menghadirkan potensi untuk membuka nilai lebih bagi semua orang di internet. Web3 juga menghadirkan tingkat keamanan yang lebih tinggi. "Kami menyediakan layanan cloud Baremetal, VPS yang dapat dikembangkan sebagai pondasi infrastruktur Web3,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, pengelola crypto coin yang berbasis blockchain telah dapat mengoperasikan sistemnya dengan memanfaatkan Baremetal dan atau VPS yang disediakan IDCloudHost dengan sebaran region Indonesia dan Singapore. Blockchain adalah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan atau bank data secara digital yang terhubung dengan kriptografi, dengan arsitektur terdesentralisasi.

Guna mempersiapkan infrastruktur Web3, IDCloudHost telah menginvestasikan dan memiliki lebih dari 1500 server siap digunakan. Keseriusan IDCloudHost tidak tanggung-tanggung untuk menangkap peluang yang ada tersebut. Dikutip dari laman McKinsey, inti dari Web3 adalah desentralisasi model bisnis. Sejauh itu, ini menandai fase ketiga dari internet  dan memberikan kendali kepada pengguna. 

Tujuannya adalah agar kendali tidak lagi terpusat di platform dan agregator besar, melainkan didistribusikan secara luas melalui blockchain terdesentralisasi dan smart contract. Dalam praktiknya, ini dapat menandai perubahan paradigma dalam model bisnis untuk aplikasi digital dengan menjadikan disintermediasi sebagai elemen inti.

Perantara mungkin tidak lagi diperlukan untuk menghubungkan data, fungsionalitas, dan nilai. Pengguna dan pembuat konten dapat berkreativitas tanpa batas, menggunakan aplikasi open source  daripada aplikasi proprietary. Hal ini akan mendorong  inovasi dan peningkatan skalabilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper