Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 13 Kamera Termahal di Dunia Tahun 2022

Kamera Suisse Freres Daguerreotype adalah yang tertua, sekaligus menjadi harga yang mahal hingga Rp10 miliar.
Arlina Satiti Mugi Laras
Arlina Satiti Mugi Laras - Bisnis.com 14 September 2022  |  07:00 WIB
Ini 13 Kamera Termahal di Dunia Tahun 2022
Leica S3 masuk dalam jajaran kamera mahal di dunia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi para penggemar fotografi, kualitas kamera adalah hal yang terpenting. Bahkan, untuk menghasilkan gambar yang berkualitas, seringkali kamera dijual dengan harga yang mahal.

Saat ini, urutan pertama kamera termahal di dunia adalah Leica 0-series no. 122. Sebuah kamera lawas produksi dari Leica yang memang terkenal punya harga yang selangit lantaran diproduksi dari bahan berkualitas dan dibuat dengan tangan di Jerman. Kamera berusia hampir satu abad tersebut diketahui telah terjual ratusan miliar dalam pelelangan di Leitz Photographica ke-40. 

Menurut Shotkit, hal yang mempengaruhi suatu kamera menjadi suatu yang sangat mahal, karena nama merk, kualitas pengerjaan, fitur, kualitas lena, unsur ergonomis, jenis kamera. Sedangkan untuk kamera klasik, penilaian berdasarkan siapa yang membuatnya, kelangkaan, kondisi (kolektor menyukai kondisi kerja penuh dan semua suku cadang asli), siapa yang sebelumnya memiliki, dan hasil fotografi – kapan, di mana, dan bagaimana itu digunakan

Melansir dari Photography Asix pada Selasa (13/9/2022), tak hanya Leica, ternyata ada beberapa deretan kamera yang menawarkan harga mahal.

Ini deretan kamera termahal tahun 2022:

1. Leica 0-Series 1923 no. 122

Inilah kamera termahal di dunia yang yang menggabungkan nama merek, kelangkaan, dan kualitas klasik: Leica 0-Series 1923 no. 122 yang dijual di lelang seharga US$2,97 juta atau sekitar Rp44 miliar. Kamera langka ini memang bukan  untuk penggunaan komersial. Ada 25 kamera yang diproduksi pada tahun 1923. Namun, hanya 3 yang masih tersisa dalam kondisi baik sampai sekarang.

Leica bukan hanya merek terkenal tetapi telah memperoleh status ikonik karena memperkenalkan era modern jurnalisme foto di tahun 1920-an dan 30-an –yang digunakan di hampir semua kondisi – baik itu saat perang atau perdamaian.

2. Leica M3D-2 

Kamera ini menjadi kamera termahal kedua di dunia, yang berhasil dibeli dalam lelang di Wina dengan harga 2,18 juta dolar atau setara dengan Rp32 miliar. Unit kamera ini dimiliki oleh David Douglas Duncan, seorang fotografer dari majalah Influential Life. Keistimewaan unik dari kamera ini adalah salah satu dari 4 kamera yang diproduksi oleh Leica dan dimodifikasi khusus untuk Duncan. Kamera ini digunakan untuk mendokumentasikan kehidupan Pablo Picasso yang terkenal. Ini juga digunakan untuk memotret perang Vietnam dan Korea.

3. Kamera Prototipe Jonathan Ive & Marc Newson Leica M

Kamera prototipe Leica M ini dirancang oleh mantan Chief Design Officer Apple Jonathan Ive dan Marc Newson, seorang desainer Australia. Kamera ini dilelang pada tahun 2013 untuk mengumpulkan dana untuk memerangi tuberkulosis, AIDS, dan malaria. Harga dari kamera ini adalah US$1,8 juta atau sekitar Rp26 miliar. Model kamera ini dibuat setelah melalui 561 model. Salah satu ciri khas kamera ini adalah tidak ada tanda atau huruf di bodi kamera. 

4. Kamera Bulan Apollo 15 Hasselblad 500 Series

Kamera seri Hasselblad 500 ini menjadi kamera untuk misi bulan di Apollo 15. Penyesuaian dilakukan pada kamera ini untuk membuatnya berfungsi di luar angkasa. Astronot Jim Irwin telah menggunakan kamera ini untuk menangkap gambar dari permukaan bulan. Ini adalah salah satu kamera paling mahal di dunia dengan harga US$910.000 atau sekitar Rp13 miliar. Sekitar 299 gambar berhasil ditangkap oleh Irwin menggunakan kamera ini. Kamera ini dibeli di lelang oleh Terukazu Fujisawa. Dia adalah pendiri jaringan ritel Jepang, Todobashi Camera.

5. Kamera Suisse Freres Daguerreotype

Kamera tertua ini punya harga yang mahal, yakni US$740.000 atau sekitar Rp10 miliar

Kamera ini adalah satu-satunya yang tersisa di kamera daguerreotype, yaitu kamera yang diproduksi menggunakan proses fotografi komersial pertama. Louis Daguerre, dengan bantuan 2 pabrikan, Maison Suisse Freres dan Alphonse Giroux, memproduksi kamera ini pada tahun 1839. Charles Chevalier menyiapkan optik kamera. Kamera ini menggunakan lembaran tembaga berlapis perak yang dilapisi asap untuk mengekspos gambar. 

kamera termahal leica luxus 2

Kamera Leica Luxus II yang dijual dengan harga Rp9 miliar


6. Leica Luxus II

Leica Lexus II menjadi kamera termahal dengan harga US$620.000 atau sebesar Rp9 miliar. Kamera Leica yang paling langka ini berlapis emas dan ditutupi kulit yang terlihat seperti kulit kadal. Nomor seri kamera yang dijual adalah 8840. Leica telah memproduksi empat kamera tersebut. Masih belum jelas siapa pemilik tiga keping lainnya.

7. LargeSense LS911

Jika Anda mencari kamera dalam kategori format besar, maka LargeSense LS911 cocok untuk Anda. Harga dan berat adalah dua masalah utama dengan kamera ini. Jadi, fotografer tidak akan begitu tertarik untuk berinvestasi di kamera ini. Anda akan merasa sulit untuk bergerak dengan kamera ini. Kamera ini dihargai US$106.000 atau sekutar Rp1,5 miliar. Anda juga dapat merekam video 8-bit pada 30 fps. Ini adalah kamera format besar pertama di dunia.

8. PhaseOne XF IQ4

Salah satu kamera komersial termahal di dunia adalah PhaseOne XF IQ4. Kamera ini berformat medium yang dilengkapi dengan 150 megapiksel. Ini memiliki jangkauan dinamis 15 pemberhentian. ISO maksimum yang didukung adalah 25.600. Fotografer komersial dan mode kelas atas dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam kamera ini. Ini memberikan gambar kualitas terbaik. Saat ini, Phase One XF IQ4 adalah kamera komersial paling mahal di dunia yang bisa dibeli siapa pun. Harganya berkisar US$55.000 atau sekitar Rp817 juta. 

9. Hasselblad H6D-400C MS

Hasselblad H6D-400 MS adalah kamera termahal yang masih bisa Anda beli dari pasar komersial. Ini adalah kamera format medium yang menjanjikan akurasi warna yang sangat tinggi. Kamera Hasselblad ini hadir dengan teknologi Multi-Shot yang memungkinkan untuk menangkap lebih banyak informasi warna di setiap piksel. Ini bisa jadi investasi yang baik bagi para fotografer yang menginginkan akurasi warna tertinggi dengan resolusi lebih tinggi dapat menggunakan kamera format medium ini jika mereka siap mengeluarkan biaya US$47.995 atau sekitar Rp711 juta. 

10. Panoscan MK-3 Panorama

Panoscan MK-3 adalah kamera panorama 360 derajat. Kamera ini mampu melakukan pemindaian 360 derajat dalam 8 detik. Kamera ini berguna untuk departemen militer dan kepolisian. Anda tidak perlu mengedit gambar untuk mendapatkan gambar 360 derajat. Kamera akan melakukannya untuk Anda. Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat film realitas virtual. Adapun harganya dikenakan hingga US$40.000 atau sekitar Rp594 juta. 

11. Kamera Mamiya Leaf Credo 645DF

Kamera belakang digital Mamiya Leaf Credo 645DF 80 MP adalah kamera format medium yang dilengkapi dengan rentang dinamis 12,5 stop. Ini mendukung pemotretan tertambat melalui Capture One. Anda dapat menggunakannya dengan lensa Mamiya 645. Ini menggunakan sensor DALSA CCD noise ultra-rendah yang dibuat khusus. Harganya US$35.000 atau sekatar dengan Rp535 juta

12. Hasselblad H6D 100C

H6D-100C adalah kamera termahal kedua dari Hasselblad. Kamera medium format ini hadir dengan sensor 100 megapiksel dan memiliki 15 stop dynamic range. Dia mampu mereproduksi detail nada yang baik pada final result. Harganya US$32.995 atau sekitar Rp475 juta.

13. Leica S3

Leica S3 adalah kamera format medium yang bisa Anda dapatkan di pasaran dengan harga kurang dari $20.000 atau sekitar Rp297 juta. Sensor 64 megapiksel di kamera ini mendukung hingga 50.000 ISO. Anda juga dapat mengontrol kamera dari jarak jauh dengan bantuan Wi-Fi bawaan. Anda dapat menggunakan aplikasi Leica FOTOS untuk pemantauan jarak jauh dan pemicu bidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kamera elektronik termahal
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top