Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 6 Nama-Nama Dinosaurus yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Dinosaurus adalah sekelompok reptil dengan satu set fitur yang berbeda dari semua reptil lainnya. Berikut nama-nama dinosaurus yang harus diketahui.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 05 September 2022  |  19:47 WIB
Simak 6 Nama-Nama Dinosaurus yang Mungkin Kamu Belum Tahu
Nama/Nama Dinosaurus yang Mungkin Kamu Belum Tahu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nama dinosaurus diambil dari Bahasa Yunani yaitu ‘deinos’ yang berarti mengerikan, kuat dan hebat sedangkan sauros yang artinya kadal. Jadi bisa diartikan jika nama-nama dinosaurus artinya adalah kadal yang mengerikan, hebat dan kuat. 

Dinosaurus pertama kali muncul pada periode Trias sekitar 230 juta tahun yang lalu dan merupakan vertebrata dominan selama 135 juta tahun, yang dimulai sejak periode Jura (sekitar 201 juta tahun yang lalu) hingga berakhirnya periode kapur (85 Juta tahun yang lalu), dan kemudian musnah akibat peristiwa kepunahan kapur-paleogen sebelum Era Mesozoikum. 

Dinosaurus memang sangat ditakuti karena bentuk dan ukurannya yang besar. Dinosaurus ini memiliki banyak spesies dengan nama-nama dinosaurus yang berbeda-beda. Meskipun nama dinosaurus berbeda-beda, tapi secara umum hewan ini terbagi menjadi tiga kategori yaitu dinosaurus herbivora yang memakan tumbuhan, dinosaurus karnivora yang hanya makan daging, dan yang terakhir adalah dinosaurus omnivora yang memakan segalanya. 

Berikut ini nama-nama dinosaurus yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Tyrannosaurus Rex

Dinosaurus yang pertama kali popular di dunia adalah tyrannosaurus rex atau yang biasa disingkat dengan T-rex. T-rex ini mendapat label sebagai dinosaurus terganas karena memiliki tampilan tinggi besar dan tegak dengan kedua kaki, rahang yang besar serta penuh gigi yang tajam sehingga bisa mencabik-cabik mangsanya dengan mudah. 

T-rex memiliki tinggi sekitar 4 hingga 5 meter dengan berat yang bisa mencapai satu ton. Menurut para peneliti, hewan ini bisa memakan hingga 230 kg daging dalam satu kali santapannya. 

2. Stegosaurus

Dinosaurus yang satu ini memiliki tampilan yang unik dan memiliki ciri khas yaitu memiliki lempeng duri-duri di sepanjang punggungnya. Stegosaurus adalah salah satu nama-nama dinosaurus yang ukurannya bisa mencapai 9 meter dengan berat hingga 3 ton. 

Duri-duri di punggung stegosaurus ini ternyata bagian dari kerangka mereka dan berfungsi untuk menarik perhatian pada saat musim kawin. Keunikan lain dari stegosaurus adalah meskipun tubuhnya besar, ia hanya memiliki otak yang kecil. 

3. Velociraptor

Dinosaurus jenis ini bentuknya memang mirip dengan T-rex. Hanya saja tubuhnya lebih kurus dan kecil. Meskipun kecil, ukuran tubuhnya tetap saja besar. Ukuran dari nama-nama dinosaurus ini kira-kira setinggi 1,5 meter saja dengan berat sekitar 135 kg. berhubung ukurannya jauh lebih kecil, velociraptor ini sangat lincah, gesit dan juga cerdas. 

Diperkirakan hewan ini bisa berlari hingga kecepatan 39 km per jam. Ia mampu berinteraksi dengan kawanan sejenisnya dan lebih suka berburu dalam jumlah besar alias berkelompok. Velociraptor sangat pintar membuat jebakan untuk mangsanya yang rata-rata mamalia kecil, reptile kecil dan serangga. 

4. Spinosaurus

Spinosaurus menjadi salah satu dinosaurus terbesar yang ada. Tingginya bisa mencapai hingga 18 meter dengan berat 22 ton. Dinosaurus ini memiliki ciri khas sirip besar yang tumbuh pada bagian punggung hingga ekor. Menjadi salah satu dinosaurus karnivora, Spinosaurus lebih suka mengkonsumsi ikan dan hewan laut sehingga meskipun badannya besar, spinosaurus ini diperkirakan mampu berenang dengan gesit di bawah air. 

5. Corythosaurus

Jenis dinosaurus ini memiliki ciri khas yang unik yaitu bentuk mulutnya yang seperti paruh bebek dan bagian atas kepalanya yang memiliki jengger seperti ayam. Jengger pada bagian atas kepalanya ini memiliki fungsi untuk menghasilkan bunyi Ketika disalurkan ke udara. Apabila jengger tersebut itu tandanya, corythosaurus memberikan peringatan bagi hewan pemangsa yang ada di sekitarnya agar tidak mendekat. Corythosaurus memiliki tinggi hingga mencapai 9 meter dengan berat sekitar 3-4 ton. 

6. Dilophosaurus

Jenis T-rex ini memiliki bentuk yang unik dengan adanya sirip yang ada pada bagian kepalanya. Sirip ini bisa menutup dan membuka. Dilophosaurus memiliki tinggi sekitar 6 meter dengan berat sekitar 400 kg. rahang dari T-rex jenis ini sangatlah kuat sehingga memudahkannya dalam menyantap mangsanya karena hewan ini merupakan dinosaurus jenis karnivora. 

Itulah nama-nama dinosaurus yang bisa kamu jadikan referensi agar mengetahui tentang kadal raksasa satu ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dinosaurus nama fosil hewan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top