Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sempat Diblokir, Ini Alasan Kominfo Buka Akses Yahoo, Steam, CS Go dan Dota

Kementerian Kominfo menjelaskan alasan pihaknya kembali membuka akses Yahoo, Steam, CS Go, dan Dota setelah sebelumnya sempat diblokir terkait PSE.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  15:46 WIB
Sempat Diblokir, Ini Alasan Kominfo Buka Akses Yahoo, Steam, CS Go dan Dota
Yahoo - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan alasan pihaknya kembali membuka akses Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS Go, dan Dota) setelah sebelumnya sempat diblokir karena belum melakukan pendaftaran sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pihaknya telah berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp tersebut.

Oleh karena itu, dia menyebut keempat layanan tersebut telah dilakukan normalisasi per pagi ini, Selasa (2/8/2022) pukul 08.30 WIB.

"Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini. Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut," kata Semuel, Selasa (2/8/2022).

Sebelumnya, Kementerian Kominfo masih membuka kesempatan dan berharap agar PSE lingkup privat yang belum mendaftar dapat segera merespons peringatan yang dikirimkan agar dapat segera dinormalisasi.

Semuel mengatakan sebelum dilakukan pemutusan akses, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk berkomunikasi dengan pihak pengelola platform-platform tersebut.

"Proses pendaftaran PSE merupakan suatu proses yang sangat penting untuk menjaga dan memperkuat tata kelola ruang digital Indonesia," ujarnya.

Dia juga menegaskan proses pendaftaran ini bersifat administratif, sederhana dan tidak berbayar (gratis). Sosialisasi atas kebijakan ini juga telah dilakukan kurang lebih sejak 1,5 tahun yang lalu.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan Kementerian Kominfo telah menyediakan bantuan dan pendampingan teknis apabila PSE mengalami kendala dalam proses pendaftaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yahoo
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top