Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar PSE, Opera Tidak Jadi Diblokir Kemenkominfo

Opera tidak jadi diblokir oleh Kemenkominfo setelah melakukan daftar sebagai PSE lingkup privat.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 28 Juli 2022  |  12:45 WIB
Daftar PSE, Opera Tidak Jadi Diblokir Kemenkominfo
Software Opera - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Opera akhirnya mendaftarkan platformnya sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Dengan begitu, layanan tersebut masih bisa diakses dan terbebas dari ancaman pemblokiran.

Sebagaimana diketahui, batas waktu pendaftaran PSE lingkup privat berakhir pada 27 Juli 2022 pukul 23.59 WIB. PSE yang belum mendaftar diminta untuk segera mendaftarkan platformnya. Bila tidak, proses pemutusan akses atau pemblokiran akan berjalan.

Dilihat dari laman pse.kominfo.go.id, berdasarkan data terakhir yang tercatat hingga 27 Juli 2022 pukul 17.21 WIB, jumlah PSE lingkup privat yang telah mendaftar ada sejumlah 8.083. 8.572 di antaranya merupakan PSE domestik dan 231 lainnya PSE asing, termasuk Opera dan Roblox yang sempat mendapatkan surat peringatan.

Adapun Roblox terpantau telah melakukan pendaftaran dengan nama perusahaan Roblox Corporation yang bergerak di sektor teknologi informasi dan komunikasi.

Sementara Opera dengan nama perusahaan Opera Norway AS telah mendaftarkan beberapa layanannya seperti Opera News, Opera For Android, dan Opera Mini.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pihaknya telah melakukan pengelompokkan 100 PSE lingkup privat skala besar berdasarkan jumlah trafiknya.

Bagi yang masuk kelompok 100 PSE lingkup privat ini, akan diberikan surat peringatan untuk segera mendaftar dengan deadline lima hari kerja atau hingga batas waktu Rabu (27/7/2022) pukul 23.59 WIB.

"Lima hari kerja mereka [tidak mendaftar], proses pemblokiran berjalan," tegas Semuel di Labuan Bajo beberapa waktu lalu.

Adapun 100 PSE lingkup privat yang dimaksud di antaranya ada Roblox, Opera, Yahoo, Steam, Epic Games, Origin, Battlenet, Paypal, LinkedIn, Amazon.com, Alibaba.com, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo kemenkominfo Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) opera
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top