Kemenkominfo Targetkan Tinggal Landas Digital Lewat DEWG Presidensi G20

Rahmi Yati
Kamis, 21 Juli 2022 | 15:30 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Bagikan

Bisnis.com, LABUAN BAJO – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus menjalin kerja sama global, salah satunya lewat forum internasional DEWG Presidensi G20. Indonesia diharapkan bisa tinggal landas secara digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan saat ini pemerintah melakuan percepatan pembangunan infrastruktur digital agar lebih merata, termasuk juga mengembangkan kerja sama global.

"Salah satunya melalui forum internasional seperti DEWG Presidensi G20," katanya di Labuan Bajo, Rabu (20/7/2022).

Guna mewujudkan transformasi digital secara global, dia menyebut pemerintah harus membangun kesepakatan bersama dalam kebijakan-kebijakan digital. Terlebih, saat ini Indonesia turut memasuki dunia baru, yakni dunia digital.

Pemerintah, sambung Johnny, juga berupaya membangun ruang digital dengan meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia digital.

"Hal itu ditujukan untuk memastikan generasi masa depan Indonesia bisa tinggal landas secara digital dan mengambil bagian dalam transformasi digital global," tuturnya.

Meski begitu, Menkominfo menilai saat ini Indonesia sudah mulai bergerak ke arah lebih baik. Digitalisasi mulai menjangkau masyarakat secara nasional. Diharapkan, pada akhir pemerintahan kabinet Indonesia Maju, seluruhnya itu siap tinggal landas dari sisi digital.

Bahkan dalam pertemuan ketiga DEWG G20 kali ini, Menkominfo menyatakan telah melibatkan generasi muda agar bisa membangun kesadaran dan menghubungkan mereka dengan dunia digital dan policy making.

Menurutnya, pelibatan generasi muda dalam perhelatan internasional, terutama yang membahas mengenai digitalisasi merupakan salah satu langkah nyata membuka peluang agar generasi milenial ambil bagian dalam akselerasi transformasi digital.

“Pembangunan infrastruktur digital, pertemuan G20, pembahasan materi dan prioritas isu-isu Digital Economy Working Group adalah untuk generasi kini dan generasi masa depan Indonesia,” tutup Johnny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper