Sejarah 14 Juli, James Dunlop Temukan Galaksi NGC 7793

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 14 Juli 2022 | 08:58 WIB
Galaksi NGC 7793/wikiwand
Galaksi NGC 7793/wikiwand
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - 14 Juli 1826, merupakan sejarah dimana James Dunlop menemukan galaksi NGC 7793.

NGC 7793 adalah galaksi spiral yang terletak sekitar 12,7 juta tahun cahaya di rasi bintang Sculptor. Galaksi ini ditemukan pada tanggal 14 Juli 1826 oleh James Dunlop.

NGC 7793 adalah salah satu galaksi paling terang dalam Grup Sculptor, sebuah grup galaksi di rasi bintang dengan nama yang sama. Grup itu sendiri bentuknya memanjang, grup galaksi longgar terikat dengan Galaksi Sculptor (NGC 253) dan galaksi pendamping yang membentuk inti erat terikat galaksi dekat pusat.

NGC 7793 adalah salah satu galaksi paling terang di Grup Pematung, dan salah satu grup galaksi terdekat dengan Grup Lokal grup galaksi yang berisi galaksi kita, Bima Sakti, dan Awan Magellan.

Tidak seperti beberapa spiral lainnya, NGC 7793 tidak memiliki struktur spiral yang sangat menonjol, dan bentuknya semakin kacau oleh pola belang-belang debu gelap yang membentang di seluruh bingkai. Semburan merah muda cerah sesekali dapat dilihat di galaksi, menyoroti pembibitan bintang yang berisi bintang bayi yang baru terbentuk.

Meskipun mungkin terlihat tenang dan indah dari sudut pandang kita, galaksi ini sebenarnya adalah tempat yang sangat dramatis dan penuh kekerasan. Para astronom telah menemukan mikroquasar yang kuat di dalam NGC 7793 sebuah sistem yang berisi lubang hitam yang secara aktif memakan materi dari bintang pendamping. Sementara banyak quasar berukuran penuh diketahui berada di inti galaksi lain, quasar tidak biasa ditemukan di piringan galaksi daripada di pusatnya.

Mikro quasar hampir seperti model skala mereka memungkinkan para astronom untuk mempelajari quasar secara rinci. Saat material jatuh ke dalam menuju lubang hitam ini, ia menciptakan cakram berputar di sekitarnya.

Beberapa gas yang masuk didorong dengan keras ke luar dengan kecepatan yang sangat tinggi, menciptakan jet yang melesat ke luar angkasa dengan arah yang berlawanan. Dalam kasus NGC 7793, jet ini sangat kuat, dan sedang dalam proses menciptakan gelembung gas panas yang meluas sekitar 1000 tahun cahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper