Begini Penampakan Asli Alam Semesta, Hasil Jepretan Teleskop Webb

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 12 Juli 2022 | 09:25 WIB
Penampakan alam semesta hasil tangkapan foto teleskop James Webb/NASA
Penampakan alam semesta hasil tangkapan foto teleskop James Webb/NASA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA pertama kalinya menampilkan foto inframerah terdalam dan paling tajam dari alam semesta.

Dikenal sebagai First Deep Field Webb, gambar gugusan galaksi SMACS 0723 ini dipenuhi dengan detail.

Ribuan galaksi termasuk objek paling redup yang pernah diamati dalam inframerah telah muncul dalam tampilan Webb untuk pertama kalinya. Sepotong alam semesta yang luas ini menutupi sepetak langit.

Bidang dalam ini, yang diambil oleh Kamera Inframerah Dekat Webb (NIRCam), adalah komposit yang dibuat dari gambar pada panjang gelombang yang berbeda, dengan total waktu 12,5 jam mencapai kedalaman pada panjang gelombang inframerah di luar bidang terdalam Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang memakan waktu berminggu-minggu.

Gambar tersebut menunjukkan gugus galaksi SMACS 0723 seperti yang muncul 4,6 miliar tahun yang lalu. Massa gabungan dari gugus galaksi ini bertindak sebagai lensa gravitasi, memperbesar galaksi yang jauh lebih jauh di belakangnya.

NIRCam Webb telah membawa galaksi-galaksi jauh itu menjadi fokus yang tajam mereka memiliki struktur kecil dan samar yang belum pernah terlihat sebelumnya, termasuk gugus bintang dan fitur difus. Para peneliti akan segera mulai belajar lebih banyak tentang massa, usia, sejarah, dan komposisi galaksi, karena Webb mencari galaksi paling awal di alam semesta.

Gambar ini adalah salah satu gambar penuh warna pertama teleskop. Paket lengkap akan dirilis Selasa, 12 Juli, mulai pukul 10:30 EDT, selama siaran langsung NASA TV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper