Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suntik Mati Siaran Analog, Kemenkominfo Masih Verifikasi Data Penerima Set Top Box

Kemenkominfo masih melakukan verifikasi terkait data penerima bantuan set top box (STB) gratis bagi masyarakat yang terdampak migrasi siaran TV analog ke digital.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  00:12 WIB
Suntik Mati Siaran Analog, Kemenkominfo Masih Verifikasi Data Penerima Set Top Box
Ilustrasi Perangkat set top box yang sudah mendapat sertifikat dari Kominfo dan tercatat antara lain Akari Set Top Box ADS-2230. - Kompub ASO/Wienda Parwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) hingga saat ini masih melakukan verifikasi terkait data penerima bantuan set top box (STB) gratis bagi masyarakat yang terdampak migrasi siaran TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO).

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismail mengatakan sejauh ini berdasarkan data yang diterima dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, pemerintah bersama penyelenggara multipleksing (mux) akan menyalurkan bantuan STB gratis TV digital sebanyak 6,7 juta unit.

"[6,7 juta] Itu data yang kita terima dari Kementerian Sosial. Data itu sedang kami verifikasi oleh pemerintahan desa. Kita dibantu oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri," ujarnya saat ditemui di salah satu hotel di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Dengan begitu, terkait berapa jumlah set top box yang pasti akan dibagikan hingga target tercapainya ASO yakni 2 November 2022, dia menuturkan masih menunggu data yang dikoordinasikan langsung ke desa-desa yang terdampak ASO.

"Nah ini radiogram sudah dikirim, jadi tunggu data balikan dari mereka. Inshallah dalam waktu dekat [dapat datanya]," tambah Ismail.

Sejuah ini, imbuh Ismail, program ASO baru berjalan di delapan wilayah siaran. Sementara bantuan perangkat set top box yang dibagikan untuk tahap pertama ini baru sekitar 87.000 dari pemerintah dan sisanya diberikan oleh penyelenggara mux.

Untuk penambahan atau perluasan wilayah siaran lainnya, dia menyebut masih menunggu konfirmasi data yang fix baru kemudian dilakukan pembagian set top box.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemenkominfo Dedy Permadi juga mengatakan pihaknya memastikan data penerima bantuan set top box tersebut terus dimutakhirkan.

"Data terus dikomunikasikan dan terus dimutakhirkan," kata Dedy di kantornya, Senin (27/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tv digital kemenkominfo siaran tv
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top