Intip Keunggulan ID1, Layanan Pusat Data Milik Infobip

Rahmi Yati
Kamis, 23 Juni 2022 | 13:32 WIB
Pusat Data. /DAIMLER
Pusat Data. /DAIMLER
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Infobip, platform komunikasi cloud global meluncurkan data center di Indonesia yang diberi nama ID1. Layanan ini bertujuan mendukung kemampuan inovasi digital cloud bagi perusahaan lokal dan multinasional.

VP General Manager APAC dan MENA Infobip Alma Numic mengatakan pusat data yang berlokasi di Jawa Barat ini dibangun untuk membantu bisnis di kawasan Asia Pasifik.

"Pusat data ini membantu menjalankan operasional dengan efisien, ketersediaan jaringan yang cepat dan andal, serta penyediaan akses cloud technology cerdas yang dirancang untuk mendukung aktivitas interaksi pelanggan melalui platform komunikasi yang komprehensif, fleksibel dan terukur," katanya, Kamis (23/6/2022).

Alma memerinci, fasilitas ID1 ini merupakan perluasan dari rangkaian data center milik Infobip yang tersebar di seluruh dunia, dibuktikan dengan perubahan tingkat produktivitas aplikasi lebih dari 1.500 kali sehari, dan lebih dari 20.000 pesan klien per detik, dengan kecepatan transfer data lebih dari 4,5 Gbps terhubung dengan data center di seluruh dunia.

Dia mengeklaim, kecanggihan data center ID1 menawarkan rangkaian layanan collocation yang lengkap, interkoneksi, serta dukungan ke berbagai ekosistem digital yang aman.

Selain itu, sambungnya, data center ini juga akan meningkatkan kemampuan layanan CPaaS dan SaaS milik Infobip, mulai dari layanan suara, email, SMS dan chat hingga produk as a service, seperti Conversations (Contact Center as a Service), Moments (Marketing Automation), Answers (Chatbot), dan Customer Data Platform (CDP).

"Ke depannya, layanan ini akan memberikan manfaat layanan pelanggan yang menyeluruh bagi pelanggan dari berbagai industri, termasuk ritel, banking-financial services and insurance, logistik, makanan dan minuman, fintech, telemedicine, serta perusahaan sektor publik di Indonesia," imbuh Alma.

Dia menambahkan, perlindungan dan data localization serta keamanan dan privasi adalah prioritas utama Infobip, dalam hal ini perusahaan memastikan kepatuhan terhadap peraturan lokal terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Selain itu, fasilitas ini juga telah memenuhi standar internasional, termasuk ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu, ISO 27001 untuk sistem manajemen keamanan informasi, Threat and Vulnerability and Risk Assessment (TVRA), dan Kepatuhan TI TÜV Rheinland untuk PCI DSS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper