Andalin Luncurkan “Andalin Trade”, Platform Perdagangan Digital Lintas Asean

Kahfi
Jumat, 17 Juni 2022 | 12:15 WIB
Kerja sama dan peluncuran Andalin Trade/Andalin
Kerja sama dan peluncuran Andalin Trade/Andalin
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Andalin resmi meluncurkan platform perdagangan digital lintas-negara “Andalin Trade”, untuk menjadi wadah yang menghubungkan pabrik, distributor, supplier, dan pembeli di lingkup Asia Tenggara.

Dalam tahap pengembangan awal, Andalin Trade akan bekerja sama dengan negara Singapura, Vietnam, dan Thailand, yang merupakan tiga kekuatan ekonomi terbesar di ASEAN di luar Indonesia. Langkah yang dilakukan Andalin ini merupakan upaya untuk membantu pemulihan ekonomi, sesuai dengan semangat G20 "Recover Together, Recover Stronger".

Penandatanganan kerja sama dilaksanakan dalam rangkaian acara G20, yakni di acara "Indonesia-Singapore Business Forum". Andalin diwakili oleh CEO Rifki Pratomo, yang ditemani oleh Dr. T. Chandroo selaku Chairman dari Singapore Indian Chamber of Commerce & Industry, Huynh Dinh Thai Linh selaku Executive Director World Trade Center Binh Duong New City - Becamex IDC Vietnam, dan Monsinee Supina, Managing Director N&A Logistics Company Limited Thailand. Turut hadir dalam acara ini adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bank BI Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, serta perwakilan pemerintah Indonesia lainnya.

Peluncuran Andalin Trade menandai upaya perusahaan untuk mengembangkan layanan bisnis yang ditawarkan, sehingga saat ini Andalin dapat menjadi International Trade SuperHub. Pada awalnya, Andalin berfokus sebagai perusahaan freight forwarder yang memfasilitasi pengiriman ekspor-impor dengan rute pengiriman ke 200 lebih kota di dunia.

Seiring berjalannya waktu dan melihat kebutuhan yang ada di industri, Andalin pun mengembangkan sayap untuk menjadi platform perdagangan internasional serbabisa, dengan misi untuk mendigitalisasi dan mempermudah proses perdagangan internasional, pengiriman kargo, asuransi ekspor-impor, dan sebagainya.

“Selama ini, para pelaku perdagangan internasional kesulitan untuk mencari produk yang dapat diperjual-belikan secara lintas negara. Dengan adanya platform Andalin Trade, kini mereka dapat saling terhubung dan bernegosiasi langsung dalam platform yang aman, transparan, dan efisien," ungkap CEO Andalin, Rifki Pratomo, dalam siaran pers, dikutip Jumat (17/6/2022).

Tidak hanya itu, lanjut Rifki, keunggulan Andalin Trade karena memiliki sistem seleksi dan verifikasi yang ketat, sehingga semua pihak yang tergabung dalam platform sudah memiliki kredibilitas dalam transaksi ekspor-impor. "

"Andalin Trade bukan hanya memfasilitasi perdagangan internasional, tapi juga sudah terintegrasi dengan layanan pendukung dari Andalin dalam satu platform seperti shipping, asuransi, pengurusan bea cukai, dan lainnya,” katanya.

Untuk dapat bergabung sebagai pengguna, perusahaan bisa mendaftarkan diri di situs trade.andalin.com. Setelah itu, akun akan diverifikasi untuk memastikan legalitas serta rekam jejak perusahaan. Jika lolos, pengguna bisa langsung mengajukan Request for Quotation (RFQ) ataupun bidding dalam platform Andalin Trade. Andalin juga menyediakan fitur chat agar kedua belah pihak dapat melakukan negosiasi hingga tercapai kesepakatan.

Setelah itu, pengguna Andalin Trade dapat menyelesaikan pembayaran secara online dengan metode yang aman, seperti Letter of Credit (L/C), Telegraphic Transfer (TT), ataupun rekening bersama. Tanpa perlu berpindah platform, pengguna juga bisa memanfaatkan layanan pengiriman lintas-negara Andalin, ataupun pengurusan bea cukai, asuransi, hingga pendanaan.  

“Rencananya, selain Singapura, Thailand, dan Vietnam, Andalin akan terus melakukan ekspansi regional lebih luas di lingkup Asia Tenggara. Ketika sektor perdagangan internasional di wilayah ini telah terdigitalisasi, kami percaya Andalin dapat berkontribusi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di ASEAN,” tambah Rifki.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper