Oppo Sukses Jadi Raja Pasar Ponsel Domestik, Intip Strateginya

Rahmi Yati
Senin, 6 Juni 2022 | 13:19 WIB
Dok. Istimewa
Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengiriman ponsel pintar atau smartphone di Indonesia tumbuh 5 persen (year on year/yoy) pada 2021 dengan Oppo masih merajai pasar domestik.

Berdasarkan laporan Counterpoint, pangsa pasar Oppo mencapai 21,8 persen dari total penjualan smartphone di dalam negeri pada tahun lalu.

Menanggapi hal itu, PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan tren pengguna ponsel di 2021 lebih menitik beratkan pada berbagai fitur yang memang mendukung kebutuhan konsumen.

"Tentunya selain beberapa fitur yang memang mereka butuhkan, yang jadi alasan Oppo dapat mencapai posisi tersebut adalah bagaimana kami berupaya memenuhi kebutuhan konsumen mulai dari fitur hingga kebutuhan untuk pemakaian perangkat dalam jangka panjang," katanya, Senin (6/6/2022).

Menurut Aryo, konsumen smartphone di Indonesia makin dewasa dalam memilih sebuah perangkat. Faktor kenyamanan dan jaminan penggunaan dalam jangka waktu yang cukup lama jadi salah satu pilihan konsumen.

Tentunya, sambung Aryo, hal tersebut tidak dapat berjalan tanpa kehadiran layanan purna jual yang tidak hanya lengkap, tetapi juga memberikan kenyamanan kepada pengguna.

"Selain itu kami juga menawarkan berbagai nilai tambah seperti diskon 10 persen setiap tanggal 10 di tiap bulannya," ucapnya.

Sebagai informasi, berdasarkan laporan Counterpoint, pabrikan smartphone Oppo masih merajai pasar domestik pada tahun lalu.

Hal tersebut lantaran pangsa pasarnya mencapai 21,8 persen dari total penjualan smartphone di dalam negeri. Meski demikian, persentase itu lebih rendah ketimbang 2020 yang sebesar 22 persen.

Adapun posisi kedua ditempati Vivo yang meraih pangsa pasar sebesar 21 persen pada 2021. Angka tersebut juga turun dari 2020 yang mencapai 19,5 persen.

Kemudian, pangsa pasar Xiaomi naik dari 18,2 persen menjadi 18,9 persen. Sementara Samsung mengalami penurunan pangsa pasar dari 16,4 persen jadi 16,1 persen.

Realme juga berhasil meningkatkan pangsa pasarnya dari 11,3 persen jadi 11,4 persen. Adapun, merek smartphone lainnya meraih pangsa pasar sebesar 12,3 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper