Fenomena Langka, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan Berderet di Bulan Juni 2022

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 1 Juni 2022 | 10:33 WIB
Planet Venus
Planet Venus
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buat Anda para penggemar astronomi, bulan Juni akan ada sejumlah fenomena menarik yang bisa ditonton, salah satunya ketika  empat planet sekaligus yakni Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan tampil berbaris.

Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus akan sejajar satu demi satu di langit malam, menampilkan karakteristik berbeda yang akan membedakannya dari bintang-bintang biasa yang menghiasi langit.

Venus, yang akan menjadi paling kiri dari empat planet saat Anda melihat ke timur, akan sangat cerah, sementara Mars akan memiliki rona merah dan Jupiter dan Saturnus akan tampak kekuningan. Jika Anda mencari cara mudah untuk menemukannya di tengah langit malam yang berkilauan, planet tidak berkelap-kelip, tidak seperti bintang.

Karena terhitung langka, maka ini menjadi pemandangan yang harus dilihat.

Namun, untuk memanfaatkan tampilan surgawi yang fantastis ini, Anda harus bangun pagi-pagi sekali atau begadang sangat larut, karena keselarasan hanya akan terlihat sekitar pukul 4 pagi. Anda tidak perlu peralatan profesional untuk melihatnya, karena mereka akan terlihat dengan mata telanjang – jika cuaca memungkinkan!

Selain kesejajaran empat planet ini, akan ada banyak peristiwa langit sepanjang tahun, tidak terkecuali Super Moon, yang terjadi pada 14 Juni. Ini akan menjadi salah satu dari empat Super Moon total yang terjadi pada tahun 2022,

Super Moon terjadi ketika bulan purnama berada dalam 90% dari pendekatan terdekatnya ke Bumi. Terlepas dari namanya, Super Moon tidak akan tampak lebih besar dari biasanya tetapi mungkin tampak lebih terang dari biasanya, terutama jika dilihat dari daerah pedesaan dengan polusi cahaya yang lebih sedikit. Hal itu terjadi karena orbit bulan mengelilingi Bumi agak elips, bukan melingkar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper