Siap-siap! akan Ada Badai Meteor Langka, 31 Mei 2022

Robby Fathan
Jumat, 20 Mei 2022 | 20:05 WIB
Ilustrasi - mashable.com
Ilustrasi - mashable.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pastikan untuk melihat langit pada pagi terakhir bulan Mei, karena kemungkinan akan ledakan meteor Tau Herculid.

Ledakan meteor yang disebut sebagai badai meteor itu merupakan fenomena langka dari hujan meteor dimana akan ada hujan meteor dengan prediksi seribu meteor per jam. Tapi, bisa juga kita di bumi tidak bisa menyaksikannya sama sekali.

Penemuan komet periodik 73P/Schwassmann-Wachmann 3 terjadi pada tahun 1930 oleh Observatorium Hamburg. Komet ini kemudian dijuluki Comet 73P.

Astronom Arthur Wachmann dan Carl Schwassmann menangkap komet fuzzball ini pada tangkapan pelat kaca sebagai objek berkekuatan +9,5, bergerak melalui konstelasi Hercules.

Yang menarik, orbit Komet 73P mengelilingi Matahari setiap 5,4 tahun sekali dengan orbit miring lebih dari 11 derajat relatif terhadap bidang ekliptika. Dengan orbit ini, ada kemungkinan besar komet akan menjadi objek indah pada 31 Mei 1930 lewat 0,062 Satuan Astronomi (AU) (9,2 juta km) dari Bumi.

Comet 73P disebut sebagai komet berkinerja buruk selama penampakan tahun 1930, dimana hanya mencapai magnitudo +7 dan tidak pernah terlihat mata telanjang.

Anehnya, astronom George Van Biesbroeck mencatat bahwa komet itu tampak 'berbentuk gelendong' ketika dilihat melalui refraktor raksasa 40 inci di Yerkes Observatory, dimana inti kometnya diperkirakan sebesar 1,3 km.

Setelah Komet 73P menghilang dari pandangan, tidak banyak lagi yang terlihat dari komet tersebut sampai tahun 1995, ketika kecerahannya meningkat secara dramatis. Peningkatan 400 kali lipat ini lebih dramatis, karena komet sebenarnya berada lebih dari 1,3 AU dari Bumi pada saat itu.

Pengamatan dari European Southern Observatory menangkap empat fragmen terpisah untuk apa yang dulunya Komet 73P; pengamatan selanjutnya oleh Hubble dan Teleskop Luar Angkasa Spitzer inframerah pada tahun 2006.

Ketika komet melakukan perjalanan dekat dengan Matahari, mereka meninggalkan aliran puing-puing debu yang ditumpahkan selama perjalanan bagian dalam tata surya mereka yang dikenal sebagai meteor Tau Herculid. Jika sebuah planet kebetulan berada di jalan (seperti Bumi), hujan meteor terjadi, disaksikan sebagai garis-garis melayang diam-diam di langit. Meteor Perseid dan Geminid adalah dua hujan tahunan besar, masing-masing berasal dari komet 109P/Swift-Tuttle dan 'rock-comet' 3200 Phaethon.

Sekarang, aliran puing-puing berevolusi dari waktu ke waktu, karena tarikan kompleks Matahari dan planet-planet menarik mereka masuk dan keluar dari jalur Bumi. The Andromedids, misalnya, di mana pernah terjadi badai besar di akhir abad ke- 19, yang sejak itu tidak dikenal lagi.

Tahun 2022, komet itu diperkirakan akan kembali menunjukkan dirinya. 

Tanggal dan waktu utama yang harus diperhatikan untuk kemungkinan ledakan Herculid 2022 adalah pada pagi hari Selasa, 31 Mei sekitar pukul 5:00 Waktu Universal atau 01:00 Waktu Bagian Timur EDT. 

Peningkatan sepuluh kali lipat dibandingkan Zenithal Hourly Rate (ZHR) yang diharapkan sebesar 14 per jam dari aliran akhir abad ke-19 dapat berarti ZHR 140 (mirip dengan Geminids dan Perseid tahunan) sementara peningkatan seratus kali lipat dapat terjadi pada tahun 2022 Tau Herculids melampaui tingkat badai yang sebenarnya, di lebih dari 1.400 per jam.

Tau Herculids adalah 'hujan lambat' dengan kecepatan 16 km/detik—lambat, dibandingkan dengan Leonid November yang kecepatannya 72 km/detik yang cepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper