NASA Rilis Suara Asli dari Lubang Hitam, Bikin Merinding

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 10 Mei 2022 | 13:11 WIB
Penampakan Lubang Hitam
Penampakan Lubang Hitam
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan telah merilis audio menakutkan seperti Hans Zimmer yang ditangkap dari lubang hitam di pusat kluster galaksi Perseus.

Gelombang suara yang sebenarnya ditemukan dalam data yang direkam oleh observatorium sinar-X Chandra NASA dan telah diterjemahkan dari data astronomi menjadi suara yang dapat didengar manusia.

Para astronom pertama kali menemukan bahwa riak dalam gas panas yang mengelilingi lubang hitam Perseus dapat diterjemahkan menjadi suara.

NASA mengatakan itu adalah "kesalahpahaman populer bahwa tidak ada suara di luar angkasa" berdasarkan fakta bahwa, karena sebagian besar ruang adalah ruang hampa, tidak ada media untuk gelombang suara merambat.

Gugus galaksi memiliki "sejumlah besar gas yang menyelimuti ratusan atau bahkan ribuan galaksi menyediakan media bagi gelombang suara untuk melakukan perjalanan", agensi menjelaskan.

Sonifikasi yang disebut berbeda dari upaya sebelumnya yang hanya menerjemahkan data astronomi ke dalam bentuk pendengaran - menampilkan instrumen yang berbeda - tetapi menggunakan gelombang suara yang sebenarnya diamati.

NASA menjelaskan bahwa gelombang suara disintesis ulang ke dalam jangkauan pendengaran manusia dengan "meningkatkannya sebesar 57 dan 58 oktaf di atas nada sebenarnya" tetapi tidak diputar ulang menggunakan biola atau instrumen lain.

Audio yang dihasilkan terdengar menakutkan seperti musik Hans Zimmer, komposer yang telah menulis soundtrack untuk hit fiksi ilmiah termasuk Blade Runner 2049 dan Interstellar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper