Dear Pemudik, Ini Aplikasi untuk Cek Kondisi Jalan Macet

Akbar Evandio
Selasa, 26 April 2022 | 07:02 WIB
Gerbang tol Cikampek Utama/Bisnis-Akhirul Anwar
Gerbang tol Cikampek Utama/Bisnis-Akhirul Anwar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah telah resmi mengumumkan bahwa masyarakat diperbolehkan untuk melaksanakan mudik lebaran pada tahun ini. Hal ini tentu menjadi angin segar mengingat dua tahun terakhir pemerintah melarang aktivitas mudik lebaran.

Bagi pelaku mudik ada baiknya untuk mengetahui cara mengecek jalan macet untuk membuat perjalanan mudik jadi lebih nyaman. Salah satu cara paling sering adalah memanfaatkan Google Maps.

Sekadar informasi, Google Maps tak hanya menawarkan layanan pemetaan biasa, sebab ada citra satelit, navigasi, serta kemampuan melihat lalu lintas secara real-time.

Dikutip dari situs resmi Google, Selasa (25/4/2022) berikut cara mengecek lalu lintas. Pertama pengguna dapat membuka aplikasi Google Maps, kemudian pengguna dapat menyentuh ikon kotak bertumpuk yang ada di kanan peta.

Selanjutnya, akan ada sejumlah pilihan, pengguna pun dapat memilih 'lalu lintas' untuk melihat jalanan macet. Setelah itu, akan ada garis warna yang ada di sepanjang jalan untuk mengetahui jalanan macet atau tidak.

Untuk diketahui, terdapat beberapa arti warna yang ada pada garis. Pertama, hijau mengartikan jalanan lancar dan tidak ada hambatan di jalan. Kemudian, orange menunjukan lalu lintas yang cukup padat, sedangkan merah mengartikan ada penundaan lalu lintas alias macet. Makin gelap warna merah yang ditampilkan maka makin macet jalanan.

Biasanya Google Maps juga memberikan informasi ketika ada kecelakaan atau insiden lainnya, sebab akan ada ikon yang muncul dan memberikan keterangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper