Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik 2022, Traveloka: Pemesanan Tiket Pesawat Naik 100 Persen

Traveloka menyebut pemesanan tiket pesawat untuk mudik sejak H-14 libur Lebaran mencapai 100 persen.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 26 April 2022  |  06:55 WIB
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Traveloka menyebut, selama dua minggu pertama April 2022, pemesanan tiket pesawat dan moda transportasi darat di aplikasinya mengalami peningkatan sebesar 62 persen. 

CEO Transport Traveloka Iko Putera menyatakan, awal tahun ini, perusahaan melihat tren perjalanan sudah mulai bangkit. Dimulai dengan tradisi mudik Lebaran 2022 yang akhirnya bisa kembali dijalankan. 

Berdasarkan data Litbang Kementerian Perhubungan, diperkirakan 85 juta penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idulfitri 1443 H. 

“Berdasarkan data internal kami, terlihat bahwa jumlah pemesanan tiket pesawat sejak H-14 libur Lebaran mencapai 100 persen. Dengan adanya perubahan perilaku sejak pandemi dan peningkatan pemesanan menjelang tanggal keberangkatan, jumlah pemudik di tahun ini diperkirakan meningkat mencapai 112 persen,” tuturnya lewat rilisnya, Selasa (26/4/2022).

Dia melanjutkan, perusahaan juga mencatat rute perjalanan udara yang paling banyak dipilih konsumen untuk mudik tahun ini adalah dari Jakarta menuju Medan, Surabaya, Padang, Denpasar, dan Pekanbaru.

Selain itu, Iko pun melanjutkan, Traveloka telah merangkum sejumlah tips penting yang perlu diperhatikan seperti bagi pemudik yang melakukan perjalanan jauh pada libur Lebaran 2022.

Pertama, kondisi badan harus sehat menjadi persiapan paling utama dalam perjalanan mudik. Bagi sebagian orang, mungkin ini menjadi perjalanan jauh pertama, setelah sekian lama tidak bepergian, untuk itu sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan. 

“Selama berpuasa, pastikan mengkonsumsi makanan yang sehat saat sahur dan berbuka, minum vitamin, dan tetap terhidrasi dengan membawa botol minum sendiri,” ujarnya

Dia melanjutkan, bagi pemudik yang belum melakukan vaksinasi booster, sebaiknya dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum berangkat agar setibanya di rumah, pelaku perjalanan dan keluarga tetap aman dan terhindar dari Covid-19.

Sekadar informasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga telah menyiapkan 13.968 fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Terdiri dari 10.292 puskesmas, 3.034 rumah sakit, 251 Public Safety Center (PSC), 51 KKP dan 340 Pos Kesehatan guna membantu pemudik yang membutuhkan pertolongan medis.

Lebih lanjut, Iko menyarankan bagi pemudik penting untuk memiliki asuransi sebagai bagian dari persiapan perjalanan mudik untuk mengantisipasi dan melindungi kamu dari banyak risiko yang mungkin saja terjadi. 

Terakhir, dia menyebut perjalanan mudik baik dengan moda transportasi darat maupun udara tetap cukup menguras energi sehingga pelaku perjalanan perlu mengambil waktu istirahat sejenak jika dirasa kondisi tubuh mulai lelah. 

“Bagi penumpang Garuda Indonesia yang melakukan pemesanan melalui Traveloka dan membeli tiket saat Jam Terbang (11.00-13.00 dan 19.00-21.00) bisa bersantai di Blue Sky Lounge yang berlokasi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kualanamu, Bandara Sepinggan, Bandara Sultan Syarif Kasim II, dan Bandara Supadio,” tuturnya.

Tidak hanya penumpang pesawat, penumpang kereta api juga bisa menikmati berbagai macam keuntungan dari layanan Traveloka Train Plus selama perjalanan mudik. Mulai dari dari Traveloka Mudik Kit, kupon Eats Delivery, kupon QuickRide, kupon Car Rental, donat gratis, hingga gratis berlangganan hiburan Genflix.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket pesawat Mudik Lebaran mudik Traveloka
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top