Sudah Punya Fitur VoLTE, Realme Dukung Jaringan 3G Disuntik Mati

Rahmi Yati
Rabu, 6 April 2022 | 17:48 WIB
Penampakan ponsel Realme C35/Gizmochina
Penampakan ponsel Realme C35/Gizmochina
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Realme Indonesia mendukung kebijakan pemerintah bersama sejumlah operator seluler yang melakukan proses upgrade atau peningkatan jaringan 3G ke 4G LTE. Pasalnya, seluruh perangkat ponsel yang dikeluarkan telah mendukung fitur Voice Over LTE (VoLTE).

Marketing Director Realme Indonesia Palson Yi mengatakan perusahaan sepenuhnya mematuhi dan taat pada peraturan maupun Undang-undang yang telah diatur oleh pemerintah.

"Kami berkomitmen untuk selalu memberikan produk dan pelayanan terbaik kepada konsumen. Berbagai perangkat Realme yang telah hadir di Indonesia sudah bisa mengakses jaringan 4G juga telah dapat mengakses fitur VoLTE," kata Palson, Rabu (6/4/2022).

Sejalan dengan klaim perusahaan sebagai tech trendsetter, Palson memastikan bahwa seluruh pelanggannya dapat langsung mengadopsi teknologi terbaru untuk memudahkan hidup dan menggali potensi diri mereka.

Dia bahkan mengklaim produk ponsel lawas dari Realme seperti Realme 2, C1, GT Neo 2, C11, Realme 8 dan lainnya sudah dilengkapi fitur VoLTE. Sementara itu, Peneliti gawai sekaligus pendiri dari Kkomunitas Gadtotrade Lucky Sebastian mengungkapkan ada beberapa kendala dalam penggunaan fitur VoLTE.

Menurutnya, untuk melakukan panggilan VoLTE kedua perangkat harus sama-sama mendukung VoLTE. Kalau hanya salah satu, maka akan menjadi panggilan voice biasa.

"Area coverage VoLTE masih terbatas, belum mencakup semua area, dan tiap operator juga berbeda-beda cakupan areanya, dan belum di cover semua operator," ucap Lucky.

Bukan itu saja, dia juga menyoroti belum adanya aturan baku dari pemerintah mengenai standar VoLTE yang harus diterapkan oleh operator. Misalnya, apakah tarif bicara harus sama dengan panggilan biasa, apakah harus mendaftar khusus untuk layanan VoLTE, atau otomatis setiap kartu 4G langsung jalan fiturnya.

"Atau apakah ada opsi untuk membuat VoLTE ini bisa digunakan bicara bebas unlimited seperti diterapkan beberapa operator luar, dan lainnya," imbuh dia.

Meski begitu, dia menilai saat ini hampir semua operator memiliki layanan VoLTE. Hanya saja coverage-nya masih belum merata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper