Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MXGP 2022, Momentum Promosi bagi Operator Seluler

Motocross Grand Prix (MXGP) 2022 diharapkan bisa menjadi kesempatan bagi operator seluler untuk promosi dan unjuk gigi.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 06 April 2022  |  11:54 WIB
MXGP 2022, Momentum Promosi bagi Operator Seluler
Pemandangan alam kawasan Samota di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan Motocross Grand Prix (MXGP). ANTARA - HO/PLN

Bisnis.com, JAKARTA – Balapan Motocross Grand Prix (MXGP) yang akan diadakan di Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat diharapkan bisa menjadi kesempatan bagi operator seluler untuk promosi dan uji coba teknologi terkini yang lebih cepat dan andal.

Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ITB Ian Yosef M. Edward mengatakan dengan adanya MotoGP di Mandalika beberapa waktu lalu, operator seluler tentu sudah belajar dan mengevaluasi segala kendala yang mungkin dihadapi.

"Operator sudah dipastikan akan siap dan telah melakukan perbaikan atas evaluasi balapan sebelumnya, dan diharapkan operator akan menjadikan ajang lomba ini sebagai promosi dan uji coba teknologi terkini yang lebih cepat dan andal," kata Ian, Selasa (5/4/2022).

Menurut Ian, bila nanti dilibatkan dalam penggelaran jaringan di kawasan MXGP, hal yang perlu dikaji oleh operator seluler adalah trafik data telekomunikasi yang besar pada saat event berlangsung terutama yang menggunakan video chat WhatsApp dan lainnya, serta trafik data untuk video streaming atau broadcast dengan prioritas tinggi.

"Persiapan ini tentu juga diharapkan akan didukung 5G sehingga dapat dirasakan di seluruh wilayah tribun penonton dan area acara," tambah Ian.

Sejauh ini, beberapa operator seluler Tanah Air menuturkan belum mendapat arahan ataupun diminta terlibat untuk membantu menyediakan akses internet saat pergelaran MXGP 2022.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhamad Arif juga mengatakan berdasarkan berita terakhir yang diperoleh, baru PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. yang diminta pemerintah untuk menggelar jaringan akses ke lokasi MXGP tersebut.

Sementara itu berdasarkan catatan Bisnis, Minggu (3/4/2022), MXGP Samota akan digelar pada 24-26 Juni 2022. Berbagai persiapan saat ini tengah digenjot pemerintah daerah setempat.

Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany mengatakan lokasi lahan untuk MXGP juga telah tuntas, sehingga tidak ada potensi masalah yang muncul di kemudian hari.

Fasilitas lainnya seperti listrik, air hingga jaringan internet juga terus dilakukan pembenahan untuk menyukseskan MXGP. Bahkan, bendera-bendera negara peserta MXGP sudah berkibar di Samota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi operator seluler sirkuit motorcross
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top