Progres Pembangunan Portal Jaringan Satelit LEO Capai 50 Persen

Rahmi Yati
Minggu, 3 April 2022 | 16:18 WIB
Ruang kendali Stasiun Bumi Satelit Satria./ Bisnis-Leo Dwi Jatmiko
Ruang kendali Stasiun Bumi Satelit Satria./ Bisnis-Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pembangunan portal jaringan satelit yang akan menghubungkan konstelasi satelit low earth orbit (LEO) global OneWeb ke jaringan serat optik terrestrial oleh PT Dwi Tunggal Putra (DTP) di Serang, Banten, telah mencapai 50 persen.

"Saat ini progres pembangunan sudah sampai 50 persen dan terus kami kebut agar dapat beroperasi di bulan Juli 2022," kata Chief Commercial Officer DTP Edi Sugianto, Minggu (3/4/2022).

Edi mengaku saat ini kendala yang dihadapi selama proses pembangunan adalah tingginya persyaratan teknis yang harus dipenuhi dalam mendesain dan membangun Satellite Network Portal (SNP) yang dipercayakan kepada perusahaan. 

Namun begitu, menurutnya, DTP bisa banyak belajar tentang perhitungan dan faktor yang harus diperhatikan dalam merancang dan mengimplementasikan struktur fondasi untuk antena yang bergerak terus-menerus selama 24 jam dalam melacak dan terhubung ke konstelasi satelit OneWeb. 

"Selain itu, faktor cuaca adalah musuh terberat kami dalam proses pembangunan tersebut," imbuhnya.

Sebelumnya berdasarkan catatan Bisnis (21/12/2021), fasilitas portal jaringan satelit OneWeb ini terdiri dari 18 antena yang dikendalikan secara otomatis. 

Fasilitas ini akan menjadi yang pertama dari tiga portal jaringan satelit yang mencakup wilayah Asia Tenggara, dengan lebih banyak lokasi yang akan dibangun di wilayah Asia Pasifik.

Edi menyebut pada fasilitas yang sedang dibangun ini, nantinya mencakup kantor dan pangkalan data seluas 500 meter persegi di atas lahan sebesar 10 hektare.

Portal tersebut akan menyediakan area jangkauan mulai dari Thailand di utara, Indonesia dari timur ke barat, dan Australia bagian utara di arah selatan.

Menurut dia, OneWeb mengubah cara perusahaan melayani kebutuhan konektivitas pelanggan di Indonesia. Dengan kerja sama yang terjalin, Dwi Tunggal Putra dapat memberikan layanan konektivitas hingga ke desa-desa terpencil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper