Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

APJII Beri Saran Agar Operator Seluler Tak Rugi Usai MotoGP Mandalika

APJII memberikan saran kepada operator seluler agar tak rugi usai gelaran MotoGP Mandalika.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 18 Maret 2022  |  14:35 WIB
APJII Beri Saran Agar Operator Seluler Tak Rugi Usai MotoGP Mandalika
Teknisi melakukan pengecekan pada salah satu base transceiver station (BTS) di Jakarta, Senin (27/1/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyediaan 5G oleh XL Axiata dan Telkomsel di gelaran MotoGP Mandalika pada 18–20 Maret 2022 merupakan bukti keseriusan dan kesiapan operator selular dalam mengharumkan nama bangsa di perhelatan internasional.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif mengatakan walaupun belum semasif 4G, sebagian masyarakat sudah mulai menggunakan perangkat 5G.

"Dengan pendekatan berbasis event yang dilakukan operator selular di kawasan sirkuit Mandalika, operator dapat merencanakan penyediaan infrastruktur khusus di kawasan tersebut sekaligus mengalokasikan kebutuhan jaringan 5G dengan membagi kapasitas BTS 4G yang sudah ada," ujarnya, Jumat (18/3/2022).

Menurut Arif, langkah strategis ini membuat operator dapat menyesuaikan kapasitas jaringan dengan keramaian pengguna 5G sehingga tidak ada kerugian yang besar apabila pengguna perangkat 5G di kawasan event sirkuit Mandalika belum terlalu banyak.

Sementara itu, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa menilai, momentum ini sekaligus menjadi sarana yang sangat bagus bagi perusahaan untuk menambah jam terbang dalam mengelola jaringan 5G.

Dia menyebut, mulai hari ini, 18 Maret 2022, layanan data dan internet super cepat dari XL Axiata sudah bisa diakses oleh pelanggan dengan menggunakan smartphone 5G di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

Menurutnya, berbagai persiapan di lapangan telah tuntas, dan per hari ini, layanan data dan internet super cepat tersebut sudah bisa diakses oleh pelanggan dengan menggunakan smartphone 5G.

"Layanan 5G dari XL Axiata ini akan bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis," kata I Gede.

Sebelumnya XL Axiata juga gencar melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di area Mandalika dan di seluruh penjuru Lombok. Pada jaringan 4G, XL Axiata telah mempersiapkan penambahan kapasitas dan jangkauan jaringan di beberapa titik di sekitar area Mandalika, di antaranya penggunaan teknologi terbaru Massive MIMO serta penambahan hingga 9 Mobile BTS (MBTS) pada titik-titik hotspot serta titik-titik akses kawasan, guna memastikan kelancaran aktifitas internet bagi pengunjung, masyarakat serta satuan kerja pada area kawasan.

Layanan XL Axiata telah hadir di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok.

Sementara itu, Telkomsel juga menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik di kawasan sirkuit Mandalika dan Bandara Internasional Lombok dalam rangka menghadirkan showcase ‘Telkomsel 5G Experience’.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan Telkomsel menggunakan frekuensi 2100 MHz dan 2300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu, dan tambahan frekuensi 3500 MHz yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Pada pengujian di lapangan kombinasi frekuensi tersebut dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps," ucap Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MotoGP apjii operator seluler
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top