Data Samsung Bocor? Hacker Klaim Bobol 190 GB, Ini Detailnya

Rahmi Yati
Senin, 7 Maret 2022 | 15:20 WIB
Samsung/Reuters
Samsung/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Data Samsung diduga diretas oleh kelompok hacker Lapsus$. Seluruh basis data yang dicuri oleh kelompok tersebut dibagikan secara aktif dalam torrent mencapai 190GB.

Sekelompok hacker dari Amerika Selatan ini sebelumnya juga pernah menyerang dan membocorkan data dari Nvidia. Lapsus$ awalnya mengunggah screenshot yang berisi kode untuk software Samsung dan kemudian memberikan pemerincian tentang data apa saja yang berhasil diambil dari server Samsung.

Dikutip dari AndroidPolice, Senin (7/3/2022), data yang berhasil dibobol termasuk algoritma untuk autentikasi biometrik, source code bootloader untuk semua produk baru Samsung, dan semua source code untuk proses autentikasi akun Samsung.

Hingga kini, Lapsus$ tidak meminta tebusan kepada Samsung. Namun, data yang bocor ini menyebar dengan cepat karena sudah ada lebih dari 400 peers yang membagikan torrent ini dan Lapsus$ berencana menambah kecepatan donwload dengan server tambahan.

Tidak diketahui berapa banyak data rahasia Samsung yang berhasil diakses oleh hacker. Kepada The Korea Herald, petinggi Samsung mengatakan pihaknya saat ini masih mengamati situasi sehingga belum jelas apa tuntutan yang diajukan oleh kelompok hacker ini pada Samsung.

Sebelum membobol Samsung, Lapsus$ mengaku sebagai kelompok yang bertanggung jawab atas peretasan Nvidia pekan lalu. Dalam insiden tersebut, Lapsus$ mengklaim telah mengambil 1TB data rahasia, termasuk skematik dan source code driver.

Berbeda dengan kasus peretasan Samsung, Lapsus$ memiliki permintaan khusus untuk Nvidia. Mereka menuntut Nvidia membuat driver-nya menjadi open source dan menghilangkan fitur di beberapa GPU RTX 30-series yang membatasi hash rates saat menambang kripto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper