Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tips Hemat Baterai Ponsel Biar Awet Seharian ala Poco

Poco membagikan tips hemat baterai ponsel biar awet seharian.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 14 Februari 2022  |  17:23 WIB
Ini Tips Hemat Baterai Ponsel Biar Awet Seharian ala Poco
Rekomendasi smartphone yang dilengkapi fitur 5G, salah satunya Oppo Poco M3 Pro 5G - GSM Arena
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Poco, produsen ponsel asal China, membagikan sejumlah tips agar baterai ponsel bisa lebih hemat sehingga bisa menemani aktivitas seharian.

Tips Hemat Baterai Ponsel Biar Awet Seharian

1. Menonaktifkan fitur yang tidak digunakan

Fitur yang tidak digunakan namun tetap aktif kadang berpengaruh dalam konsumsi baterai smartphone. Dengan begitu, saat tidak digunakan, ada baiknya fitur-fitur tersebut dinonaktifkan agar daya pakai smartphone bisa lebih lama lagi dan daya baterai tidak terus tersedot.

Adapun contoh fitur yang bisa dimatikan adalah fitur koneksi seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS atau lokasi. Fitur-fitur ini dinilai boros baterai sehingga cara mudahnya adalah dengan mengaktifkan Airplane Mode.

Selain fitur konektivitas, mode getar juga diklaim sebagai fitur yang menyedot baterai dalam jumlah besar. Pasalnya, saat getar diaktifkan, perangkat akan berusaha keras untuk memutar alat penggerak sehingga menghasilkan vibrasi. Inilah yang akan membuat baterai cepat boros.

2. Matikan aplikasi usai digunakan

Membiarkan aplikasi terbuka di background akan membuat baterai smartphone terkuras dalam waktu cepat. Bahkan smartphone kadang suka nge-lag.

3. Pakai internet dengan seperlunya

Seperti yang telah disebutkan, layanan seluler menyedot baterai lebih besar ketimbang Wi-Fi. Maka dari itu, saat sedang berinteraksi di dunia maya, jika memungkinkan, gunakan koneksi data dari Wi-Fi.

4. Atur tingkat kecerahan layar

Layar merupakan musuh baterai paling utama. Kecerahan layar yang cukup tinggi ternyata juga mampu menyedot baterai dalam jumlah besar. Baiknya atur kecerahan layar serendah mungkin dari fitur Pengaturan smartphone, atau bisa juga menggunakan fitur Adaptive Brightness yang membuat kecerahan layar diatur secara otomatis tergantung pada situasi dan kondisi pencahayaan di sekitar.

Selain itu, atur kunci layar dalam durasi yang lebih cepat. Yang terbaik adalah pengaturan kunci layar selama 15 detik saat smartphone tidak digunakan.

5. Batasi info lokasi dan data

Mengingat hampir semua aplikasi membutuhkan info lokasi perangkat atau location services, fitur ini menjadi salah satu yang sangat boros baterai.

Maka dari itu, sebisa mungkin matikan Location Service melalui Pengaturan di perangkat ponsel. Bisa juga menonaktifkan opsi Location and Google Search karena semua fitur ini membutuhkan konsumsi baterai yang cukup besar.

6. Pakai mode hemat baterai.

Fitur ini bisa dibilang pahlawan bagi perangkat smartphone. Fitur penghemat baterai secara otomatis mematikan aplikasi yang ada di background, mampu mengelola aplikasi dengan baik, mengendalikan pengaturan pada smartphone secara otomatis, dan yang paling penting, secara otomatis menonaktifkan aplikasi yang boros baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ponsel baterai poco
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top