Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Android 13 akan Diberi Nama Tiramisu, Ini Bocoran Fiturnya

Android 13 akan diberi nama Tiramisu, makanan khas Italia.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 14 Februari 2022  |  14:12 WIB
Aplikasi mobile - Ilustrasi
Aplikasi mobile - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Google secara resmi menamai Android 13 dengan makanan khas Italia, Tiramisu. Kode berbasis makanan penutup manis ini sebelumnya juga telah diberikan pada Android 10 (Quince Tart), Android 11 (Red Velvet Cake), dan Android 12 (Snow Cone).

Dikutip dari The Verge, Senin (14/2/2022), dikatakan bahwa isu pemberian kode Tiramisu untuk Android 13 ini bukanlah hal yang mengejutkan. Pasalnya, rumor penggunaan nama ini sudah berembus sejak Juli 2021.

Pemberian nama makanan penutup untuk Andorid 13 dengan nama Tiramisu ini terungkap saat acara preview Android 13 oleh developer. Tiramisu sendiri merupakan makanan penutup khas Italia beraroma kopi.

Android 13 dikabarkan akan memfokuskan pada masalah privasi dan sistem keamanan. Bocoran fitur baru untuk Android ini yaitu dukungan lebih optimal untuk perangkat layar besar dan adanya API photo picker untuk aplikasi dapat mengakses ke file gambar tertentu tanpa harus terhubung ke seluruh storage, serta pilihan icon sesuai dengan tema.

Dengan adanya pemberian kode Tiramisu ini, The Verge mengira-ngira nantinya Android 14 akan mengusung makanan manis lainnya berkode U seperti “Uštipci”, donat yang populer di Eropa Tenggara, dan “Otap” atau kerap disebut "Utap" di Filipina.

Dengan begitu, sepertinya Google kembali ke tradisi lama untuk menamai sistem operasi Android dengan dengan nama makanan pencuci mulut atau makanan manis setelah kebiasaan ini berhenti pada 2019, saat Android 10 diluncurkan.

Sebagaimana diketahui, setiap versi Android belum dinamai secara publik setelah terakhir kemunculan Android 10 pada 2019. Meski demikian, di internal Google sendiri, nama-nama manisan untuk sistem operasi Android masih digunakan secara informal. Android 10 punya nama alias Quince Tart, Android 11 dijuluki Red Velvet Cake dan Snow Cone adalah nama untuk Android 12.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google android
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top