Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Data Center Area31, Punya Tingkat Keamanan Tinggi

Area31 diklaim sebagai pangkalan data yang punya tingkat keamanan tinggi.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  15:16 WIB
Area31 yang dikelola PT Dwi Tunggal Putra. -  Dok. Istimewa
Area31 yang dikelola PT Dwi Tunggal Putra. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Dwi Tunggal Putra (DTP) terus mempercepat pembangunan pangkalan data Area31, untuk memberikan layanan penyimpanan data yang andal dan aman kepada pelanggan.

Rentetan serangan siber yang terjadi pada awal 2022 menandakan Indonesia butuh tempat penyimpanan data yang benar-benar aman dan terjaga.

VP of Sales Area31 Yoke Tangkar mengatakan Area 31 dirancang dan dibangun di atas lahan seluas 20,000 Sqm khusus untuk dijadikan pangkalan data dan Teleport Facilities atau yang lebih dikenal dengan istilah Purpose-Built Datacenter (PBDC).

Pangkalan data ini memiliki keunggulan di infrastruktur keamanan.

“Berbeda dengan konsep gedung pangkalan data pada umumnya, Area31 mengusung konsep Military Bunker yang dilengkapi dengan 8 High-Security Layers untuk menjamin keamanan pangkalan data,” kata Yoke dalam siaran pers, Senin (24/1/2022).

Tidak hanya itu, kata Yoke, Area31 memiliki 10 MegaWatt (MW) yang nantinya akan tersedia 8 Data Hall yang dapat mengakomodir 1.200 Rack.

Proses pembangunan pangkalan data ini dibagi menjadi 2 tahap. Saat ini sudah dilakukan proses pembangunan tahap 1 yang diperkirakan siap melayani pada kuartal I/2022 dengan ketersediaan 4 Data Hall yang dapat mengakomodir 600 Rack.

Pangkalan data Area31 dilengkapi dengan komponen Elektrikal 2N, Cooling Infrastructure N+2 dan Generator Infrastructure N+1 dengan jaminan ketersediaan layanan 99,99 persen.

Terdapat sisi unik dari bangunan Area31, tidak hanya diperuntukkan sebagai Tier III Hyperscale Datacenter, Area31 juga menawarkan area Rooftop seluas 1750+ Sqm sebagai fasilitas Telecommunication Port (Teleport).

“Fasilitas ini diperuntukkan bagi Satellite Communication Provider untuk colocation Stasiun Bumi dengan kapasitas hingga 7 unit antena stasiun bumi berdiameter 9 meter,” kata Yoke.

Yoke juga menuturkan Area31 memiliki beberapa keunggulan seperti Durable, Bullet-Proof, Fire-Self Extinguishing, dan Eco-Friendly. Pangkalan data Area31 juga memiliki keunggulan Seismic-Proof Building Structure yang dapat menahan getaran gempa hingga 8 Magnitude.

“Keunggulan lainnya adalah Floor load capacity hingga 1,2 Ton per Sqm di setiap level bangunan. Double Layers Concrete Roof yang dapat mencegah kebocoran ke area Data Hall,” kata Yoke.

Dia menuturkan pangkalan data Area31 berlokasi di Depok, Jawa Barat, berjarak ± 30KM dari Pusat Kota Jakarta, Area31 dapat ditempuh dengan waktu hanya 30 menit.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keamanan data data center
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top