Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Danone-AQUA Rilis Mesin Tukar Botol Plastik Jadi Uang Elektronik, Ini Cara Dapatnya

Danone-AQUA bekerja sama dengan Alfamart dan PlasticPay meluncurkan mesin penukaran botol usai konsumsi untuk memfasilitasi dan mempermudah pengelolaan sampah plastik.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  10:51 WIB
Danone/AQUA bekerjasama dengan Alfamart dan PlasticPay meluncurkan Mesin Penukaran Botol paska konsumsi
Danone/AQUA bekerjasama dengan Alfamart dan PlasticPay meluncurkan Mesin Penukaran Botol paska konsumsi

Bisnis.com, JAKARTA - Danone-AQUA bekerja sama dengan Alfamart dan PlasticPay meluncurkan Mesin Penukaran Botol usai konsumsi (Reverse Vending Machine/RVM) untuk memfasilitasi dan mempermudah pengelolaan sampah plastik menjadi uang elektronik.

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menjelaskan inisiatif terbaru ini untuk tahap pertama akan ditempatkan di lima toko Alfamart yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang.

"Gerakan ini untuk mendukung ambisi pemerintah mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan sebesar 70 persen pada 2025," katanya dalam rilisnya, Minggu (23/1/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan mengacu pada hasil riset yang dilakukan oleh Sustainable Waste Indonesia (SWI) daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil yaitu di bawah angka 10 persen, untuk itu diperlukan upaya inovatif untuk meningkatkan laju pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas.

Dia memastikan komitmen tersebut turut ditopang oleh tiga pilar utama, yaitu pengumpulan, edukasi, dan inovasi akan dilakukan secara terus menerus dan berbarengan.

“Oleh karena itu kerja sama untuk meluncurkan RVM ini merupakan salah satu contoh konkret dari komitmen tersebut,” katanya

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin menyebutkan, melalui reverse vending machine ini, masyarakat diajak mengumpulkan kemasan botol plastik paska konsumsi melalui empat langkah mudah.

Pertama, mengunduh aplikasi PlasticPay pada ponsel pintar dan melakukan registrasi. Kemudian membawa kemasan botol plastik PET paska konsumsi ke lokasi AQUA RVM terdekat. Memindai barcode pada botol plastik PET paska konsumsi, sebelum memasukkannya ke dalam mesin RVM.

Terakhir, konsumen cukup memindai QRCODE yang muncul pada mesin menggunakan aplikasi PlasticPay, diakhiri dengan mengklik “AmbilPoin” pada aplikasi PlasticPay.

Penukaran kemasan botol plastik PET pasca konsumsi dengan merek Danone-AQUA akan diberikan reward 100 poin per botol, sementara untuk botol PET bekas merek lain mendapat reward 50 poin per botolnya.

Poin-poin yang diperoleh dari setiap pengumpulan sampah botol plastik dapat ditukarkan dengan uang elektronik Gopay, Dana, LinkAja, OVO, Shopeepay, dan ke depannya, akan bisa ditukarkan dengan Alfagift Points.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uang elektronik botol AQUA Danone
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top