Literasi Digital Indonesia di Level Sedang, Kominfo: Ada Peningkatan

Ahmad Thovan Sugandi
Kamis, 20 Januari 2022 | 17:37 WIB
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat tingkat literasi digital di Indonesia berada di tingkatan sedang atau cukup baik.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyebut saat ini bangsa Indonesia sedang memasuki era percepatan transformasi digital. Hal itu karena hampir seluruh kegiatan masyarakat terintegrasi dengan ruang digital dan teknologi-teknologi yang menyertainya.

"Dengan kata lain, ruang digital sudah menjadi bagian dari realitas baru bagi kehidupan kita semua," ujarnya dalam Peluncuran Survei Status Literasi Digital Indonesia, Kamis (19/1/2022).

Oleh karena itu, dia melanjutkan, penguatan kapasitas literasi digital masyarakat menjadi sangat penting dan mendesak untuk dilakukan agar tingginya penetrasi teknologi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara bijak dan tepat guna.

Merespons kondisi tersebut, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah menginisiasi Program Literasi Digital Nasional di 514 Kabupaten atau Kota di Indonesia sepanjang tahun 2021.

Menurut Samuel, Program Literasi Digital Nasional merupakan pelatihan-pelatihan yang mengacu pada 4 pilar kurikulum yaitu Cakap Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, dan Budaya Bermedia Digital

Saat ini, dia menjelaskan, pelatihan tersebut telah dilakukan dalam bentuk webinar, lokakarya dan kelas-kelas daring maupun luring, Training of Trainers (ToT), serta kegiatan Literasi Digital Netizen Fair yang hingga akhir 2021 telah menjangkau 14.641.097 masyarakat melalui 17.414 kegiatan.

Samuel mengatakan, selain melaksanakan Program Nasional Literasi Digital, Kementerian Kominfo juga melakukan evaluasi dan pengukuran Indeks Literasi Digital masyarakat setiap tahunnya. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memetakan kemampuan sekaligus mengukuhkan alat ukur literasi digital di Indonesia yang berlandaskan pada 4 pilar literasi digital.

Survei tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Kementerian Kominfo serta Katadata Insight Center dan dilaksanakan pada Oktober 2021 lalu dengan melibatkan 10.000 responden dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Samuel mengungkapkan, dari survei tersebut ditemukan Status Literasi Digital di Indonesia menempati level sedang atau cukup baik dengan indeks 3,49 dari skala 1-5. Angka tersebut diklaim naik dari survei yang dilakukan pada 2020.

Sebagai informasi, hasil survei serupa, pada 2020 hanya menyebutkan indeks literasi digital Indonesia berada di kisaran nilai 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper