Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Alpha JWC Ventures yang Suntik Miliaran Rupiah ke Startup Anak Jokowi

Berikut rangkuman mengenai Alpha JWC Ventures yang suntik dana miliaran rupiah ke startup milik anak Presiden Jokowi.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  17:45 WIB
Tim Alpha JWC Ventures. - dok. Alpha JWC
Tim Alpha JWC Ventures. - dok. Alpha JWC

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Alpha JWC Ventures menjadi sorotan publik usai suntikan dana sebesar US$5 juta atau setara dengan Rp71 miliar kepada startup milik anak Presiden Joko Widodo pada 2019 kembali menjadi perbincangan publik.

Goola merupakan startup bentukan Gibran Rakabuming, anak Presiden Jokowi, sekaligus Wali Kota Solo saat ini. Startup tersebut menyajikan minuman tradisional Indonesia seperti es kacang hijau dan es doger.

Tak hanya Goola, Mangkokku, startup yang didirikan Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep, dan Arnold Poernomo, berhasil meraih pendanaan tahap awal hingga US$2 juta atau setara Rp28,3 miliar dari Alpha JWC Ventures.

Berdasarkan laman resminya, yang dikutip Selasa (18/1/2022), Jefrey Joe, Chandra Tjan, dan Will Ongkowidjaja mendirikan perusahaan modal ventura ini sejak 2015. Adapun, investasi pertama dilakukan pada 2016 dengan dana US$50 juta sebagai modal ventura independen tahap awal.

Setelah itu, pendanaan telah diinvestasikan ke 23 perusahaan di Asia Tenggara, mayoritas di Indonesia. Adapun, lebih dari 90 persen di antaranya telah menerima pendanaan lanjutan.

Alpha JWC Ventures mencatat sejumlah startup terkenal yang masuk dalam portofolionya, antara lain Lemonilo, Kopi Kenangan, Carro, Ajaib, GudangAda, Bobobox, dan masih banyak lagi.

Pada 2021, pemodal ventura tersebut telah memiliki empat unikorn dalam portofolionya, dengan 14 perusahaan memiliki valuasi US$500 juta hingga US$1 miliar. Empat unikorn yang dimaksud, yakni Carro, Kredivo, Ajaib, dan Kopi Kenangan.

Selain itu, Alpha JWC juga berhasil mengumpulkan dana oversubscribed mencapai US$433 juta atau setara dengan Rp6,1 triliun dari investor global dan regional dalam Fund III yang diadakan pada kuartal IV 2021.

Partner Value Creation Alpha JWC Ventures Erika Dianasari menyebut 2021 merupakan tahun yang sangat penting bagi Alpha JWC sebagai perusahaan yang telah berinvestasi dalam 29 kesepakatan dengan nilai lebih dari US$80 juta dan menyambut 18 startup baru di Asia Tenggara ke dalam portofolionya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi StartUp alpha jwc
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top