Dua Startup Anak Jokowi Digelontor Miliaran Rupiah dari Alpha JWC Ventures

Ahmad Thovan Sugandi
Selasa, 18 Januari 2022 | 17:12 WIB
Dua anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @kasesangp
Dua anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @kasesangp
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan modal ventura Alpha JWC tercatat mendanai dua startup yang didirikan oleh dua anak Presiden Joko Widodo.

Goola merupakan startup minuman yang didirikan pada 2018 oleh Gibran Rakabuming, anak presiden Joko Widodo sekaligus Wali Kota Solo saat ini. Startup tersebut menyajikan minuman tradisional seperti es kacang hijau dan es doger.

Pada Agustus 2019, Goola memperoleh pendanaan dari perusahaan modal ventura. Alpha JWC Ventures resmi mengumumkan telah mengucurkan dana sebesar US$5 juta atau setara dengan Rp71 miliar.

Hingga saat ini, di laman resmi Alpha JWC masih terdapat logo Goola sebagai salah satu perusahaan rintisan yang didanai Venture Capital tersebut, diakses pada Selasa (18/1/2022).

Menurut pantauan Bisnis, Selasa (24/11/2020), selain Goola, Mangkokku, startup yang didirikan Gibran Rakabuming, Kaesang Pangarep, dan Arnold Poernomo, berhasil meraih pendanaan tahap awal hingga US$2 juta atau setara Rp28,3 miliar.

Untuk diketahui, Mangkokku menawarkan hidangan rice bowl, yakni nasi dengan lauk di dalam mangkuk yang berfokus pada makanan khas Indonesia dengan harga dari setiap menu di mulai dari Rp19.000—Rp54.000 per porsi.

Mitra Alpha JWC Eko Kurniadi mengatakan bahwa alasan pendanaan tersebut, karena mereka melihat bisnis kuliner menjadi sektor menarik yang dapat memperoleh manfaat dari pemberdayaan teknologi dan investasi.

Alpha JWC tercatat aktif mendanai startup makanan dan minuman (mamin). Selain dua startup tersebut, Alpha JWC juga turut mendanai Kopi kenangan yang pada akhir 2021 meraih status sebagai unikorn pertama di Indonesia yang berasal dari startup mamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper